PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG

ULFI USWATUN KHASANAH, 17208153031 (2019) PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (865kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep IPA pada Materi Sistem Peredaran Darah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfi Uswatun Khasanah, NIM. 17208153031, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep IPA, Gaya Belajar, Sistem Peredaran Darah. Proses pembelajaran IPA membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun dalam bentuk tulisan kepada orang lain, sehingga orang lain benar-benar mengerti apa yang disampaikan. Tetapi faktanya kemampuan siswa dalam memahami materi Sistem Peredaran Darah masih rendah, kebanyakan dari mereka hanya menghafal konsep. Seringkali gaya belajar digunakan sebagai ukuran untuk seberapa jauh individu menguasai materi yang sudah diajarkan. Dari penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konsep IPA pada materi Sistem Peredaran Darah ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung. Pemahaman konsep IPA yang digunakan berdasarkan pendapat dari Anderson & Krathwohl dengan 7 kategori indikator pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahamanan konsep IPA berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi Sistem Peredaran Darah siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 2 gaya belajar visual, 2 gaya belajar auditorial, dan 2 gaya belajar kinestetik. Tahap selanjutnya adalah analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual sudah mampu memenuhi 4 kategori dan proses kognitif pemahaman konsep IPA, yaitu inferensi (inferring), menjelaskan (explaining), mencontohkan (exemplifying), dan mengklasifikasikan (classifying). Untuk gaya belajar auditorial, kedua subjek mempunyai kategori pemahaman konsep IPA yang berbeda. Kategori yang memenuhi kedua subjek ada 4, yaitu inferensi (inferring), menggeneralisasikan (summarizing), membandingkan (comparing), dan mencontohkan (exemplifying). Sedangkan untuk gaya belajar kinestetik sudah memenuhi 3 kategori dan proses kognitif pemahaman konsep IPA, yaitu inferensi (inferring), membandingkan (comparing), dan mencontohkan (exemplifying). Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya belajar visual mempunyai jumlah pemahaman konsep IPA yang sama dengan gaya belajar auditorial, sedangkan keduanya mempunyai pemahaman konsep IPA yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153031 ULFI USWATUN KHASANAH
Date Deposited: 05 Jul 2019 02:10
Last Modified: 05 Jul 2019 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11871

Actions (login required)

View Item View Item