PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU AKSARA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 7 TULUNGAGUNG

LAYLI BINTI MAHMUDAH, 17205153030 (2019) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA KARTU AKSARA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Direct Instruction dengan Media Kartu Aksara Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas V MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Layli Binti Mahmudah., NIM. 17205153030, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Model, Direct, Instruction, Media, Kartu, Aksara, Motivasi, Hasil, Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Jawa. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi model dan media pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, peneliti menemukan bahwa model direct instruction dengan media kartu aksara berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MIN 7 Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Angket, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, (1) terdapat pengaruh yang signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa, yang ditemukan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap hasil belajar Bahasa Jawa, yang ditemukan dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Jawa, yang ditemukan dengan nilai 0,000 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh model direct instruction dengan media kartu aksara terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas V di MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153030 Layli Binti Mahmudah
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:10
Last Modified: 02 Apr 2020 12:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item