DISPOSISI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII MTs IMAM ALGHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ZIKA MUWAKHIDATUZ ZAHRO, 17204153019 (2019) DISPOSISI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII MTs IMAM ALGHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTRAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Berdasarkan Gender Pada Pemecahan Masalah Matematika Materi Perbandingan Siswa Kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan” ini ditulis oleh Zika Muwakhidatuz Zahro, NIM. 17204153019, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Gender, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan disposisi matematis siswa laki-laki dan perempuan (gender) dalam pemecahan masalah. Perbedaan laki-laki dan perempuan (gender) ini tidak hanya diamati langsung secara fisik akan tetapi juga diamati melalui bagaimana cara mereka dalam proses berpikir dan bagaimana cara mereka menyelesaikan suatu masalah. Peneliti mengambil subyek penelitian dengan mempertimbangkan disposisi matematis yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan dalam pemecahan masalah kelas VII MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah mengenai Bagaimana disposisi matematis siswa laki-laki dan perempuan pada pemecahan masalah matematika dalam materi perbandingan siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mendiskripsikan disposisi matematis siswa laki-laki dan perempuan pada pemecahan masalah matematika dalam materi perbandingan siswa kelas VII MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, karena pada skripsi ini peneliti berusaha mendeskripsikan disposisi matematis yang dimiliki siswa laki-laki dan siswa perempuan pada pemecahan masalah matematika. Subyek dalam penelitian ini 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang kemudian diteliti untuk mengetahui disposisi matematisnya dalam pemecahan masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Tes digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Angket digunakan untuk melihat seberapa disposisi matematis siswa terhadap pemecahan masalah matematika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Disposisi matematis siswa laki-laki memiliki rasa kepercayaan diri dan rasa kemampuan diri dalam pemecahan masalah matematika.2) Disposisi matematis siswa perempuan memiliki rasa kepercayaan diri, rasa kemampuan diri, minat dan rasa ingin tahu, kegigihan dan ketekunan dalam pemecahan masalah matematika. Ada satu indikator disposisi matematis yang tidak dicapai oleh keempat subyek yaitu disposisi fleksibel. Hal tersebut terjadi karena dalam penyelesaian masalah, ke empat subyek hanya menggunakan satu penyelesaian dan tidak menemukan cara alternatif dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Dalam pencapaian indikator disposisi matematis ada dua indikator yang sama yang telah dicapai oleh keempat subyek, yaitu indikator kepercayaan diri dan rasa kemampuan diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153001 ZIKA MUWAKHIDATUZ ZAHRO
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:35
Last Modified: 12 Jul 2019 04:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11857

Actions (login required)

View Item View Item