KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGAKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

TRI UTAMI, 17205153365 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGAKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Utami, 17205153365, 2019 “Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Drs. H. Timbul, M. Pd. I. Kata kunci: Kreativitas Guru, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Kecerdasan Emosional atau yang biasa dikenal dengan EQ (Emotional Quotient) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Usia SD merupakan tingkatan paling dasar dalam membentuk kecerdasan emosional. Karena jika hanya mengandalkan IQ saja tentu lulusan SD hanya pintar dalam pengetahuan mata pelajaran saja sehingga kurang seimbang dalam bersosialisasi. Mengingat arus globalisasi yang berdampak pada kehidupan bahkan pendidikan, salah satunya dampak dari penggunaan alat komunikasi sejak dini mengakibatkan individualistis pada anak. Untuk itu reativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di sekolah sangat diperlukan karena dapat membantu siswa mengimbangi kecerdasan intelektual. Alasan peneliti mengambil judul skripsi ini karena di lapangan (MI Miftahul Ulum Plosorejo) sudah didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dan nilai akademis yang bagus akan tetapi tingkat kecerdasan emosional yang kurang dari siswa dalam bersosialisasi. Sehingga peneliti berminat untuk mengangkat judul Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di MI Miftahul Ulum PLosorejo Kademangan Blitar. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengolah emosi diri siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa dalam membina hubungan dengan oranglain di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat terkait kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengolah emosi diri siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. (2) Untuk menjelaskan kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa dalam membina hubungan dengan orang lain di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat xv terkait kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang bisa dibuktikan keabsahannya maka dalam penelitian ini melakukan empat langkah yaitu: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang menyangkut kemampuan mengolah emosi diri siswa di MI Miftahul Ulum PLosorejo Kademangan Blitar adalah memotivasi siswa untuk bersikap optimis, memiliki semangat dan harapan untuk memperbaiki diri. (2) Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dalam membina hubungan dengan orang lain di MI Miftahul Ulum plosorejo Kademangan Blitar dengan membimbing siswa untuk saling berempati dan bersikap positif. (3) Faktor pendukung kreativitas guru dalam mengembangakan kecerdasan emosional siswa adalah dengan adanya skill guru yang memadai dan kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah, sedangkan faktor penghambat kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa adalah akan diminimalisir dengan adanya kerjasama antar pihak sekolah dan walimurid sehingga siswa dapat memiliki kecerdasan emosional yang diharapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153365 TRI UTAMI
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:49
Last Modified: 02 Jul 2019 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item View Item