PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 7 TULUNGAGUNG

Hamiyatus Sariroh, 17205153048 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (705kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (567kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Hamiyatus Sariroh, NIM. 17205153048, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran SAVI, Motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan saat ini yang mengarah pada proses pembelajaran. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Pembelajaran yang dikemas berupa guru menyampaikan materi dan peserta didik hanya sebagai pendengar sehingga peserta didik menjadi pasif dalam kegiatan belajar dan motivasi peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual). Pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) lebih menekankan bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik harus menggunakan semua indra yang dimiliki dan juga peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi belajar matematika peserta didik V MIN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIN 7 Tulungagung 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian True Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest- Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 7 Tulungagung yang berjumlah 50 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis sampel jenuh, dengan kelas V B sebagai kelompok eksperimen dan kelas V A sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Observasi; 2) Angket; 3) Tes; 4). Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji Independent Samples t-Test menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0.000 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji Independent Samples t-Test menunjukkan nilai hasil belajar siswa mempunyai tingkat signifikansi 0.004 < 0,05. (3) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Multivariate diperoleh dari Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root signifikansi 0,000 dimana sig 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153048 Hamiyatus Sariroh
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:13
Last Modified: 01 Jul 2019 07:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item