STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

AINUR ASWIATUL UMMA, 17205153117 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Ainur Aswiatul Umma, NIM. 17205153117, Pembimbing: Dr. Sokip, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Guru, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek. Penelitian ini dilatar belakangi minat siswa dalam keterampilan menulis cerita pendek yang semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan berbagai metode yang diterapkan pada siswa di kelas 3 dengan hasil dan minat siswa terhadap keterampilan menulis cerita pendek yang telah mencapai standar penilaian sekolah. Maka dari itu Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah : (1) Bagaimana langkahlangkah untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas 3 di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana metode guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas 3 di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Apa media guru dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas 3 di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah, metode serta media untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian Credibility, Pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) langkah-langkah untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar melalui beberapa tahap yakni tahap penulisan cerita pendek yang melalui tahap sebelum penulisan, tahap penulisan dan tahap setelah penulisan. (2) Metode yang diterapkan yaitu metode ceramah dan metode karya wisata. (3) Media yang digunakan dalam materi menulis cerpen yaitu media cetak berupa contoh cerpen

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153117 AINUR ASWIATUL UMMA
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:52
Last Modified: 02 Jul 2019 02:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item