ANALISIS BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA NON RUTIN PADA MATERI PROGRAM LINIER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT-INTROVERT DI MAN 1 TULUNGAGUNG

Friska Nur Fadilla Nastiti, 17204153119 (2019) ANALISIS BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA NON RUTIN PADA MATERI PROGRAM LINIER DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT-INTROVERT DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

Friska Nur Fadilla Nastiti, NIM. 17204153119, 2019, Analisis Berpikir Refraktif Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Non Rutin Pada Materi Program Linier Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert di MAN 1 Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Berpikir Refraktif, Masalah, Tipe Kepribadian, Extrovert, Introvert, Program Linier Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia yang masih tergolong rendah. Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas dan kemampuan berpikir kritis dan rasional. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga berkaitan dengan kepribadian manusia itu. Oleh karena itu, siswa sekolah khususnya sekolah menengah atas perlu adanaya latihan berupa pembelajaran yang mengarah pada pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika non rutin dengan tipe kepribadian Extrovert, 2) Untuk mengetahui proses berpikir refraktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika non rutin dengan tipe kepribadian Introvert di kelas XI-IIK Unggulan MAN 1 Tulungagung tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Dimana pengecekan kebenaran informasi dilakukan dengan cara mencari hubungan antara hasil wawancara dengan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika non rutin. Keabsahan data dilihat dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Dengan subjek penelitian adalah 2 siswa berkepribadian extrovert dan 2 siswa berkepribadian introvert. Hasil penelitian ini, mendeskripsikan bahwa proses berpikir refraktif siswa Extrovert dimulai dari mengumpulkan informasi dari soal kemudian menafsirkan informasi yang didapatkan menjadi kalimat matematika, menghubungkan informasi yang ada dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya, melaksanakan strategi penyelesaian soal tanpa mengajukan beberapa alternatif solusi penyelesaian dan mengeliminasi setiap alternatif penyelesaian, dan tidak memeriksa ulang jawaban yang telah didapatkan. Sedangkan proses berpikir refraktif siswa Introvert dimulai dari mengumpulkan informasi dari soal kemudian menafsirkan informasi yang didapatkan menjadi kalimat matematika, menghubungkan informasi yang ada dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya untuk menyelesaikan masalah matematika, mengajukan beberapa alternatif penyelesaian dan mengeliminasi ide-ide tersebut untuk selanjutnya melaksanakan strategi penyelesaian masalah yang telah di pilih, melakukan pemeriksaan intuitif mengenai jawaban yang telah didapatkannya kemudian memeriksa ulang jawaban yang telah didapatkannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153119 FRISKA NUR FADILLA NASTITI
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:27
Last Modified: 01 Jul 2019 04:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item