HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SALMA ALSARIFI, 17205153209 (2019) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Salma Alsarifi, NIM. 17205153209. Pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah adanya teori yang mengatakkan bahwa bimbingan belajar dan motivasi belajar sangat berperan penting terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Bimbingan belajar merupakan bantuan yang diberikan pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, semakin tinggi motivasi dalam mengikuti bimbingan belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah hubungan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 2) Adakah hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?, 3) Adakah hubungan bimbingan beljara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan hubungan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, 2) Untuk menjelaskan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, 3) Untuk menjelaskan hubungan bimbingan beljara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 505 siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 50 siswa kelas V yang terdiri dari 21 siswa kelas V Daud, 12 siswa kelas V Sulaiman dan 17 siswa kelas V Ilyas. Untuk pengumpulan datanya menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi Hasil penelitiannya adalah: 1) Pengujian hipotesis bimbingan belajar ini dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil dari thitung dan ttabel. Dari tabel Coefficients di peroleh nilai thitung = 2.01174. Sementara untuk ttabel dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh nilai ttabel = 3.749. Perbandingan antara ke duanya menghasilkan thitung > ttabel (3.749 > 4.230). Nilai signifikan t untuk bimbingan belajar adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05. sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dalam artian bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungangung., 2) Pengujian hipotesis motivasi belajar ini dilakukan dengan cara membandingkan antara hasil dari thitung dan ttabel. Dari tabel Coefficients di peroleh nilai t hitung = 2.01174. Sementara untuk ttabel dengan taraf signifikasi 0.05 diperoleh xii nilai ttabel = 4.837. Perbandingan antara ke duanya menghasilkan thitung > ttabel (3.749 > 4.847). Nilai signifikan t untuk bimbingan belajar adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0.05. sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dalam artian bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungangung., 3) pengujian hipotesis bimbingan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama diperoleh hasil nilai F hitung 53.814 > Ftabel = 3.19 pada signifikan 0.000 < 0.05 untuk N =50, sehingga Ha diterima. Diterimanya hipotesis alternatif menunjukkan bahwa ada hubungan bersama-sama yang signifikan antara bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153209 SALMA ALSARIFI
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:52
Last Modified: 02 Jul 2019 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item