PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TOPIK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR

SITI ARIFATUL KHASANAH, 17208153010 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TOPIK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA PADA MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (426kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Topik Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Siswa Pada Membuang Sampah Sembarangan Kelas VII SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Siti Arifatul Khasanah, NIM. 17208153010, dan pembimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Sikap Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajaran IPA di SMP, dimana siswa kurang menguasai dan memahami pada pelajaran IPA khususnya materi pencemaran lingkungan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode CTL. Penggunaan metode CTL ini dalam proses pembelajaran dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap siswa juga meningkat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada topik bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada topik bahasan pencemaran lingkungan terhadap sikap siswa terhadap membuang sampah sembarangan kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada topik bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar dan sikap siswa terhadap membuang sampah sembarangan kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta menggunakan metode tes yang berupa pre test dan post test dalam memperoleh data hasil belajar dan sikap siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Kalidawir yang terdiri dari dua kelas. Sampel pada penelitian ini juga menggunakan dua kelas yakni kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah biologi dengan materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan analisis uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,327. Karena nilai sig. (2-tailed) 0,327 ˃ 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap sikap siswa yang ditunjukan dengan analisis uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Karena Sig. (2-tailed) 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CTL antara hasil belajar dan sikap siswa. Karena pada Tests of Between-Subjects Effects hasil belajar siswa memiliki tingkat signifikansi 0,327 dimana Sig. 0,327 ˃ 0,05 maka dari itu hasil belajar tidak terdapat signifikan sedangkan pada sikap siswa memiliki tingkat signifikansi 0,000 dimana Sig. 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap siswa. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa sedangkan pada sikap siswa membuang sampah sembarang terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153010 SITI ARIFATUL KHASANAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 04:27
Last Modified: 02 Jul 2019 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item