PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YOGI DIMAS ANDRIANTO, 17205153229 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Yogi Dimas Andrianto NIM: 17205153229, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci : Talking, Stick, Motivasi, Hasil, Belajar, IPA Skripsi yang membahas tentang pengaruh model pembelajaraan Talking Stick terhadap minat dan hasil belajar, di latar belakangi oleh pandangan mayoritas siswa terhadap pelajaran IPA sebagai pelajaran yang hanya mengedepankan teori dan kurangnya praktik secara langsung. Padahal IPA memiliki peranan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan pelajaran IPA tidak lepas dari persiapan siswa dan guru. Guru harus mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar IPA. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk mampu merencanakan topik yang akan dipelajari dan melatih keberanian siswa untuk menerangkan hasil diskusi kelompok didepan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (2) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPA, (3) Menjelaskan pengaruh model pembelajaran tipe Talking Stick terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket dan post tes yang berfungsi untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Analisis data untuk uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk uji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini adalah, (1) ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,924, (2) ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh > dengan taraf nyata 5% sehingga 2,346 > 0,294. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas control. Rata-rata kelas eksperimen 66,34 dan rata-rata kelas control sebesar 56, (3) ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap minat dan hasil belajar IPA, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,002.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153229 YOGI DIMAS ANDRIANTO
Date Deposited: 08 Jul 2019 01:45
Last Modified: 08 Jul 2019 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item