UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MIN 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NANDA RISKY NOVITASARI, 17205153294 (2019) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MIN 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Nanda Risky Novitasari, NIM 17205153294, Jurusan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Pembimbing: Dr. H. Muh. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Kepala Madrasah, Kompetensi Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh perkembangan zaman dimana pendidikan saat ini mengalami perkembangan dan perubahan seiring semakin majunya zaman dari waktu ke waktu. Guru sebagai figur berperan penting dalam pendidikan agar selalu menjaga dan meningkatkan kompetensi guru sehingga guru mampu mengikuti dunia pendidikan yang semakin berkembang setiap tahunnya. Dalam meningkatkan kompetensi guru kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting, yaitu dalam mengupayakan segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru. Sehingga kepala madrasah diharapkan memiliki cara tersendiri untuk menjaga dan mengembangkan mutu tenaga pendidiknya. Dalam hal ini, penulis memaparkan upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MIN 1 Tulungagung Kalidawir. Fokus penelitian : (1) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana kendala dan pendukung upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian di MIN 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Sumber data penelitian : person, place, paper, metode pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data : menggunakan reduksi data, sajian data, verifikasi dan simpulan data, pengecekan Keabsahan Temuan : triangulasi waktu, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, dapat disimpulkan bahwa upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah sebagai berikut: (1) kepala madrasah memberikan dukungannya seperti guru diikutkan workshop, dan pelatihan guru. Kepala madrasah selalu mengadakan rapat rutin atau rapat mingguan sabagi wujud tugas dan fungsi kepala madrasah sebagai manajer, perencana dan supervisi. (2) Kendala dari upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah kurangnya lokal dan kurangnya kesadaran guru, sedangkan faktor pendukung dari upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu peran guru dan adanya Anggaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153294 NANDA
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:37
Last Modified: 27 Jun 2019 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11760

Actions (login required)

View Item View Item