PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP EFIKASI DIRI MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2018/2019

AHDINIA FATMALA NUR LAILI, 17204153058 (2019) PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP EFIKASI DIRI MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Mind Mapping Terhadap Efikasi Diri Matematika dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ahdinia Fatmala Nur Laili NIM. 17204153058, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Efikasi Diri, Hasil Belajar, Segiempat Suasana pembelajaran yang selama ini terjadi adalah kurang efektifnya strategi, metode dan model pembelajaran yang diterapkan dalam mata pelajaran khususnya matematika. Selain itu semangat dan rasa percaya diri siswa sangat rendah, tidak ada motivasi untuk memahami materi dan kurangnya keyakinan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode mind mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa dan keyakinan siswa dalam mengerjakan tugas melalui penggabungan kata dan gambar yang melibatkan kedua belahan otak. Selain untuk meningkatkan keyakinan siswa atau biasa disebut dengan efikasi diri, metode mind mapping juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mind mapping terhadap efikasi diri matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mind mapping terhadap efikasi diri matematika dan hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat siswa kelas VII di SMPN 1 Ngunut.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh mind mapping terhadap efikasi diri matematika, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,037 < 0,05. (2) ada pengaruh mind mapping terhadap hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,039 < 0,05. (3) ada pengaruh mind mapping terhadap efikasi diri matematika dan hasil belajar matematika, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan yang diperoleh pada Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root semua sebesar 0,031 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153058 AHDINIA FATMALA NUR LAILI
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:38
Last Modified: 02 Jul 2019 03:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item