PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG

ALDILA MAYSARAH AYUSARI, 17204153240 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Alat Peraga Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung” ditulis oleh Aldila Maysarah Ayusari, NIM.17204153240 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, minat belajar, hasil belajar Latar belakang penelitian ini disebabkan rendahnya minat belajar dan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan siswa menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang rumit, sulit serta membosankan. Menurunnya minat belajar siswa, berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Penyebab lainnya adalah siswa merasa bosan dikelas karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif oleh guru dalam pembelajaran dikelas. Sehingga pembelajaran yang berlangsung hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran Dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga ini nantinya siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan barunya berdasarkan pengetahuan lama yang dimiliki sebelumnya, selain itu siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran melalui penggunaan alat peraga, sehingga minat belajar siswa meningkat, dan berdampak juga pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung , (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas di SMP Negeri 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil angket minat dan nilai Post-Test, yang kemudian dianalisis mmenggunakan uji manova. Hasil penelitian : (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung, (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung, (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran generatif berbasis alat peraga terhadap minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas di SMP Negeri 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153240 ALDILA MAYSARAH AYUSARI
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:30
Last Modified: 26 Jun 2019 07:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item