PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 8 BLITAR

NAVIS AMALIA SAVITRI, 17205153260 (2019) PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MIN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keaktifan Belajar dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa MIN 8 Blitar” ini ditulis oleh Navis Amalia Savitri, NIM 17205153260, yang di bombing oleh Dr. H. Nur Kholis, M.P.d Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Kedisiplinan, dan Hasil Belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 8 Blitar.(2) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 8 Blitar. (3) untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dan jenis penelitian Survey Research. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 84 siswa diambil sampel 56 siswa. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Instrumen, (2) Analisis uji prasyarat, dan (3) Analisis uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel keaktifan belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analis menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,320. Artinya keaktifan belajar dan kedisiplinan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 30%. Sisanya sebesar 70% diterangkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Adapun persamaan regresinya adalah Y= 33.370 + 0,248 + 0,123. Dari hasil uji F diperoleh nilai sebesar 5,543 dengan taraf signifikan 0,004 kurang dari 0,05 atau 0,004 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari persamaan regresi diatas dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien keaktifan belajar adalah 0,248 atau 24,8%, artinya setiap peningkatan keaktifan belajar sebesar 1, maka keberhasilan belajar siswa akan mengalami peningkatan sebesar 24,8%. Nilai koefisien kedisiplinan ialah sebesar 0,123 atau 12,3%, artinya setiap peningkatan kedisiplinan sebesar 1, maka keberhasilan belajar siswa akan mengalami peningkatan sebesar 12,3%. Jadi dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 8 Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153260 NAVIS AMALIA SAVITRI
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:15
Last Modified: 26 Jun 2019 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item