Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Ngunut

Dyah Lutfita, Nastiti (2014) Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Ngunut. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Gaya Belajar (visual, auditorial & kinestetik), Prestasi Gaya belajar adalah kombinasi dari menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Setiap siswa memiliki kekhasan sejak lahir dan diperkaya melalui pengalaman hidup dimana mereka belajar dengan alat indra, baik penglihatan, pendengaran dan sentuhan. Terdapat tiga tipe gaya belajar yang dibahas dalam penelitian ini yaitu visual (cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat), auditorial (belajar melalui apa yang mereka dengar) dan kinestetik (belajar melalui gerak dan sentuhan). Prestasi belajar masih tetap menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar yang baik dicerminkan oleh gaya belajar yang baik, karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar (visual, auditorial & kinestetik) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII – K, VII – L, VII – M, VII – N, dan VII – O di SMP Negeri 1 Ngunut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan tes. Kuesioner (angket) digunakan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar yang dimiliki oleh masing – masing siswa. Tes digunakan untuk melihat prestasi belajar matematika siswa. Metode analisis data menggunakan uji analisis regresi (anareg) linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh: (a) gaya belajar yang paling dominan dimiliki oleh siswa adalah gaya belajar visual dengan frekuensi 55 siswa (62,5%), (b) prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Ngunut adalah sangat baik dengan frekuensi 42 siswa dengan prosentase 47,7%. Berdasarkan hasil uji analisis regresi (anareg) linier sederhana diperoleh: (a) terdapat pengaruh antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar, dimana Fhitung = 1998,682 dan Ftabel = 4,03. Sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 1998,682 > 4,03 dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,987 dijelaskan bahwa 97% disebabkan oleh variabel gaya belajar visual dan 3% disebabkan oleh variabel lain. (b) terdapat pengaruh antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar, xv i dimana Fhitung = 6,371 dan Ftabel=4,32. Sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 6,371 > 4,32 dapat disimpulkan ada pengaruh yang cukup signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,471 dijelaskan bahwa 22% disebabkan oleh variabel gaya belajar auditorial dan 78% disebabkan oleh variabel lain. (c) terdapat pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar, dimana Fhitung=51,546 dan Ftabel = 5,32. Sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 51,546 > 5,32 dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,93 dijelaskan bahwa 86% disebabkan oleh variabel gaya belajar kinestetik dan 14% disebabkan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 06:39
Last Modified: 10 Feb 2015 06:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item