PENGARUH MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

UMI HANIK GUSTINA, 17205153056 (2019) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SDN 3 KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (996kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh UMI HANIK GUSTINA, NIM.17205153056. Pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata kunci : minat baca, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Di SDN 3 Ketanon Kedungwaru. Minat baca merupakan kecenderungan seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan membaca. Seringkali orang beranggapan bahwa membaca hanya untuk memperluas pengetahuan seseorang. Namun demikian, orang-orang jarang yang memiliki pemikiran mengenai pengaruh membaca dapat mendorong seseorang untuk belajar sehingga menghasilkan hasil belajar yang diharapkan. Maka dari itu dalam penelitian ini, peneliti akan mencari tahu mengenai pengaruh minat baca terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh minat baca terhadap motivasi belajar siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019? (2) Adakah pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019? (3) Adakah pengaruh minat baca terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 72 orang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat baca dan motivasi belajar. Angket dikatakan valid, apabila sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar Bahasa Indonesa menggunakan instrumen dokumentasi berupa hasil rapot mata pelajaran Bahasa Indonesia semester ganjil tahun 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji MANOVA, sebelumnya di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap motivasi belajar siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel motivasi adalah 0,003 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,003 < 0,05). (2) Adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai signifikansi untuk variabel hasil belajar adalah 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,001 < 0,05). (3) Adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung tahun 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi untuk motivasi sebesar 0,003 dan nilai signifikansi untuk hasil belajar adalah 0,001 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,003 < 0,05) dan (0,001 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153056 UMI HANIK GUSTINA
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:55
Last Modified: 27 Jun 2019 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item