PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IV MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

NILA NOVIA ANGGRAINI, 17205153228 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IV MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Nila Novia Anggraini, NIM 17205153228, Pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi, pelajaran lebih didominasi oleh guru dan siswa yang pintar sehingga siswa yang kurang pintar cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik menganggap SKI adalah pelajaran yang membosankan. Dengan demikian, diperlukan adanya inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share. Salah satu keunggulan model pembelajaran kooperatif think pair share adalah siswa belajar berpikir untuk memecahkan suatu masalah secara mandiri dan saling bertukar pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Wahid Hasyim Bakung? (2) adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Wahid Hasyim Bakung? (3) adakah pengaruh signifikan model pembelajaran think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV di MI Wahid Hasyim Bakung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling , dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dengan jumlah item sebanyak 25 pertanyaan, tes dengan jumlah item 20 pertanyaan, dan dokumentasi. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reabilitas. Setelah data penelitian data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T-test dan Uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan (1) Hasil uji t-test angket motivasi diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi belajar SKI peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Hasil uji t-test post test diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Hasil uji manova diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Haditerima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar SKI peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153228 NILA NOVIA ANGGRAINI
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:38
Last Modified: 01 Jul 2019 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11692

Actions (login required)

View Item View Item