PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR 2018/2019

HAZLIND DIARO MAHARDIKA, 17205153346 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hazlind Diaro Mahardika, 17205153346, Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar 2018/2019. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr.Hj Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Bahan Ajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik dalam penggunaan bahan ajar pada proses pembelajaran, pendidik cenderung menggunakan bahan ajar cetak tanpa mempertimbangkan bahan ajar lain seperti bahan ajar audio dan bahan ajar audiovisual yang digunakan kurang maksimal. Dengan menggunakan bahan ajar cetak secara intens, peserta didik mudah bosan dan jenuh karena setiap pembelajaran berhadapan dengan membaca dan mendengarkan materi berbentuk teks kemudian mengerjakan soal-soal, oleh karena itu peserta didik tidak memiliki dorongan atau semangat dalam mempelajari suatu materi secara jelas, meluas dan terperinci. Sehingga peneliti melakukan penelitian dengan mengaitkan penggunaan bahan ajar terhadap motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan bahan ajar cetak terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (2) Adakah pengaruh penggunaan bahan ajar audio terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (3) Adakah pengaruh penggunaan bahan ajar audiovisual terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar cetak terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar audio terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar audiovisual terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sampling yang digunakan adalah purosive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hayim Bakung Udanawu Blitar, sampel yang diambil adalah kelas V-A, V-B dan V-C Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hayim Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana dan uji T, yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan uji linieritas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji regresi linier sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan bahan ajar cetak terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,006, (2) Hasil uji regresi linier sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan bahan ajar cetak terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,003, (3) Hasil uji regresi linier sederhana dan uji t menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan bahan ajar cetak terhadap motivasi belajar dengan nilai sig 0,002.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153346 HAZLIND DIARO MAHARDIKA
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:38
Last Modified: 01 Jul 2019 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item