PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)DAN BAMBOO DANCING (TARI BAMBU) PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X IIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

ELMA FITRINA TAHTA ALFINA, 17204153204 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)DAN BAMBOO DANCING (TARI BAMBU) PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X IIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Sripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar dan Keaktifan Peserta Didik anatara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Bamboo Dancing (Tari Bambu) pada Materi Trigonometri kelas X IIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Elma Fitrina Tahta Alfina, NIM. 17204153204, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), Institut Agama Islma Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu), materi Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yang dihadapi peserta didik dalam belajar matematika seperti model pembelajaran yang digunakan guru masih belum berpusat terhadap peserta didik sehingga tidak ada kesempatan peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya dan masih bersifat monoton. Permasalahan tersebut akan mendominasi pada peserta didik yang aktif dibandingkan dengan siswa yang pasif. Mayoritas peserta didik tidak menyukai matematika karena menganggap matematika mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga hasil belajar yang diperolehnya cukup rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan model pembelajaran terpusat pada peserta didik yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS Two Stay Two Stray (TSTS) dan Bamboo Dancing (Tari Bamboo).Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Bamboo Dancing (Tari Bamboo) pada materi trigonometri kelas X IIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment design. Populasinya berjumlah 367 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Pada analisis data, peneliti menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Bamboo Dancing (Tari Bamboo). Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata- rata hasil belajar kelas eksperimen 1 (satu) sebesar 80,7 dan kelas eksperimen 2 (dua) sebesar 70,00. Hasil uji statistik diperoleh signifikan 0,000. Sedangkan rata-rata keaktifan kelas eksperimen 1 (satu) sebesar 53,44 dan kelas eksperimen 2 (dua) sebesar 51,29. Hasil uji statistik signifikan 0,036. Hasil uji MANOVA diperoleh dari nilai Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace Roy’s dan Largest Root, dimana untuk setiap signifikan memiliki hasil kurang dari 0,05yaitu 0,000, sehingga H_1 diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Bamboo Dancing (Tari Bamboo)pada materi trigonometri kelas X IIS di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153204 ELMA FITRINA TAHTA ALFINA
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:28
Last Modified: 25 Jun 2019 07:28
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11681

Actions (login required)

View Item View Item