ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELAS VII MTS RAUDLATUT THALABAH TAHUN AJARAN 2018/2019

RIANA MUTHOLIAH, 17204153120 (2019) ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELAS VII MTS RAUDLATUT THALABAH TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

ABSTRAK Riana Mutholiah, 17204153120, 2019. Analisis Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas VII MTs Raudlatut Thalabah Tahun Ajaran 2018/2019 Ngadiluwih, Kediri. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Kemampuan Matematika, Aritmatika Sosial. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah peristiwa dimana siswa masih kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini sesuai dengan fungsi pelajaran matematika yaitu sebagai cara mengkomunikasikan gagasan secara praktis, sistematis, dan efisien. Sehingga komunikasi dalam pembelajaran matematika perlu diberikan agar siswa mampu menyampaikan ide-ide yang dimilikinya secara lisan maupun tulisan. Siswa memiliki kemampuan masing-masing dalam mempelajari sesuatu. Penting bagi guru untuk mengetahui hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmatika Sosial kelas VII MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih, Kediri. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan tes ini diikuti oleh 21 siswa dari 22 siswa. Lalu, dipilih 6 siswa berdasarkan kemampuan matematika yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah guna untuk melaksanakan wawancara. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melaluo tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi 3 indikator dari 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yang diberikan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah memenuhi 1 indikator dari 3 indikator yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar meneliti kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan materi lain yang lebih spesifik agar dapat menentukan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan lebih rinci.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153120 RIANA MUTHOLIAH
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:08
Last Modified: 25 Jun 2019 07:08
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11680

Actions (login required)

View Item View Item