STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

AVITAH NUR ANDILA, 17207153030 (2019) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Avitah Nur Andila, NIM: 17207153030, 2019, “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 4 Tulungagung”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Kinerja Guru Sekolah merupakan lembaga formal sesuai dengan misinya yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Reformasi pendidikan telah mengubah paradigma guru dari pekerjaan yang penuh dedikasi tanpa mempertimbangkan profesionalisme, menjadi sebuah profesi, yakni seseorang bisa berdiri di depan kelas untuk mendampingi para siswa mengembangkan proses pembelajarannya, jika telah terbukti memiliki kualifikasi profesionalisme dengan empat kompetensi utama, yaitu kompetensi profesionalisme, pedagogik, personal dan sosial. Dalam hal ini kepala madrasah harus memiliki strategi untuk meningkatkan kinerja guru. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga pendidikan yakni MTsN 4 Tulungagung sebagai objek penelitian. Sekolah ini memiliki guru-guru yang profesional, berkualitas dan bisa mengembangkan madrasah melalui siswa-siswa yang berprestasi yang tak lepas dari binaan para guru di MTsN 4 Tulungagung. Dengan strategi yang dimiliki kepala madrasah bisa meningkatkan kinerja guru yang bagus. Hal ini yang membuat peneliti merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Tulungagung, (2) implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Tulungagung, (3) evaluasi strategi dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN 4 Tulungagung. jika dilihat dari sumber datanya , penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemuadian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja terdiri dari (a) analisis lingkungan internal dan eksternal, yang menghasilkan gambaran mengenai kelebihan, kelebihan, peluang dan ancaman, (b) melakukan koordinasi dengan wakil kepala masing-masing bidang untuk merumuskan program-program untuk meningkatkan kinerja guru, (c) adanya sosialisasi yang dilakukan untuk menyampaikan perumusan strategi yang dihasilkan diantaranya diklat, workshop, penyuluhan, mendatangkan para ahli ke madrasah serta adanya studi banding, (2) implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi: (a) melakukan rapat koordinasi untuk meningkatkan kinerja guru, (b) kepala madrasah mengirim guru yang telah di pilih untuk ikut workshop, (c) pembinaan dari bapak kepala madrasah langsung face to face dengan cara berkomunikasi dengan baik mengajak ngobrol setelah ada masalah itu dibicarakan baik-baik setelah itu dicarikan jalan keluar bersama-sama. (d) kepala madrasah memberikan motivasi yang sangat tinggi, (e) adanya reward dari kepala madrasah kepada guru yang berprestasi, (3) evaluasi strategi kepala madrasah dam meningkatkan kinerja guru meliputi (a) pengawasan langsung dari kepala madrasah, (b) evaluasi setiap satu bulan sekali dengan seluruh unsur pemimpin dan para wakil kepala serta KTU dan direktur kelas unggulan, (c) Penilaian ada di akhir tahun dengan adanya PKG (Penilaian Kinerja Guru) jadi bisa dilihat dari itu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153030 AVITAH NUR ANDILA
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:31
Last Modified: 25 Jun 2019 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11679

Actions (login required)

View Item View Item