MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI CHONGRAKSAT WITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019

EDI YULIANTO, 17207153015 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI CHONGRAKSAT WITTAYA SCHOOL PATTANI THAILAND TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Edi Yulianto, NIM.17207153015. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Integrated Curriculum, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kurikulum pendidikan yang terus mengalami perkembangan dan adanya fenomena salah satu sekolah yaitu di Chongraksat Wittaya School, Pattani Thailand bahwa kurikulum yang ada di sekolah negara Thailand berbeda dengan sekolah yang ada di Indonesia. Selain itu, adanya dua kurikulum yang berjalan bersamaan dalam satu sekolah merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand Tahun Ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand TahunAjaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk menjelaskan Perencanaan Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di ChongraksatWittaya School Pattani Thailand Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk menjelaskan Pelaksanaan Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand TahunAjaran 2018/2019. (3) Untuk menjelaskan Evaluasi Kurikulum Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di ChongraksatWittaya School Pattani Thailand TahunAjaran 2018/2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di Chongraksat Wittaya School Pattani Thailand. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala sekolah, Waka kurikulum serta guru. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi l kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kurikulum agama (sassanah) dan kurikulum akademik (saman) dimana kurikulum yang dijalankan merupakan kurikulum jenis integrated curriculum yang mana adanya integrasi dari setiap kurikulum yang dijalankan. Memiliki kelas program regular dan khusus. Adapun kelas program khusus yaitu kelas ISP (Islamic Sains Program) dan AESP (Arabic, English, Sains Program), dan menggunakan desain kurikulum humanistik. Pelaksanaan kurikulum (pembelajaran) dilaksanakan secara full day membagi 40% untuk kurikulum agama (sassanah) dan 60% untuk kurikulum akademik (saman). Evaluasidilakukandengantelitidan detail, terdapat breafing, meeting mingguan, awal semester dan tahunan, evaluasi pembelajaran peserta didik berbentuk numerik dan deskriptif, model evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153015 EDI YULIANTO
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:21
Last Modified: 25 Jun 2019 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item