PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 REJOTANGAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

NIKEN WAHYUNINGTYAS, 17204153047 (2019) PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 REJOTANGAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (928kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Skripsi dengan judul Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejotangan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang ditulis oleh Niken Wahyuningtyas ini dibimbing oleh Ummu Sholihah, M. Si. Kata kunci: Self Efficacy, Motivasi, Hasil Belajar Dalam belajar, seseorang dikatakan berhasil atau tidak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar diantaranya adalah self efficacy (keyakinan diri) dan motivasi yang dimiliki siswa. Self efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam melakukan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkannya. Motivasi adalah suatu usaha yang menggerakkan dan mengarahkan seseorang atau kelompok orang tertentu untuk tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang diinginkan atau untuk mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 1 Rejotangan dan cara pengambilan sampelnya yaitu dengan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan angket dan tes. Dan analisis datanya menggunakan analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan dengan pengaruh sebesar 33,7%. (2) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan dengan pengaruh sebesar 38,7%. (3) Ada pengaruh self efficacy dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rejotangan dengan pengaruh sebesar 41%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153047 NIKEN WAHYUNINGTYAS
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:20
Last Modified: 01 Jul 2019 04:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11668

Actions (login required)

View Item View Item