ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 NGUNUT

KUSNUL KHOTIMAH, 17204153124 (2019) ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (928kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul "Analisis Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 1 Ngunut" ditulis oleh Kusnul Khotimah, NIM. 17204153124, Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Soal Cerita Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk masalah cerita. Terdapat kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kemampuan matematika tinggi atau siswa dengan kemampuan matematika rendah. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa berhubungan dengan kurang mampu mengidentifikasi informasi pada pertanyaan, perhitungan matematis, membuat urutan logis dan memberikan penjelasan logis, kurang mampu melakukan pertimbangan induktif dan deduktif, dan ketajaman pola dan hubungan. Kesalahan ini berhubungan dengan kecerdasan logis matematis yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 1 Ngunut, (2) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 1 Ngunut, (3) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa kelas VII berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 1 Ngunut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ngunut, Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan adalah tes kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah cerita pada materi operasi menghitung bentuk aljabar yang terdiri dari tiga soal uraian. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tambahan tentang bagaimana kecerdasan logis matematis subjek dalam menyelesaikan masalah cerita. Pengambilan subjek didasarkan pada tingkat kemampuan matematika siswa yaitu, dua siswa dengan kemampuan matematika tinggi, dua siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan dua siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi meliputi, (a) membuat pemecahan masalah; (b) melakukan perhitungan matematis; (c) berpikir logis; (d) melakukan pertimbangan induktif dan deduktif; dan (e) memiliki ketajaman pola-pola dan hubungan. (2) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang meliputi, (a) membuat pemecahan masalah; (b) melakukan perhitungan matematis; (c) berpikir logis; serta (d) memiliki ketajaman pola-pola dan hubungan. (3) Kecerdasan logis matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah meliputi, (a) membuat pemecahan masalah dan (b) berpikir logis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153124 KUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:25
Last Modified: 25 Jun 2019 04:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item