STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB SANTRI DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

NGAFIF ROCHIQIM MAHTUM, 17201153465 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KITAB FATHUL QARIB SANTRI DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (600kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (483kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Kitab Fathul Qarib Santri di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar ” ini ditulis oleh Ngafif Rochiqim Mahtum, NIM 17201153465, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Asngad Rudisunhaji, S.Ag., M.Si. Kata Kunci: Strategi Guru, Pemahaman Santri, dan Kitab Fathul Qarib Penelitian ini dilatar belakangi adanya problem dalam pengimplementasian metode pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Misalnya, ketika proses pembelajaran siswa ada yang mengantuk dan tidur karena sudah lelah dengan kegiatan di pagi hari. Ada juga santri yang berperan pasif. Maksudnya, selama proses pembelajaran santri tidak banyak mengemukakan komentar seputar kitab yang dipelajarinya. Tidak diketahui, apakah mereka diam karena mereka sudah faham, ataukah ada sebab-sebab yang lain. Sedangkan penerapan di masyarakat sangatlah penting terutama berkaitan dengan ibadah dan muamalah. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman Kitab fathul Qarib santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman Kitab Fathul Qarib santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar? (2) Bagaimana pemahaman Kitab fathul Qarib santri sebagai hasil penerapan strategi pembelajaran guru di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pemahaman kitab Fathul Qarib di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. (2) Mengetahui pemahaman kitab Fathul Qarib santri sebagai hasil penerapan strategi pembelajaran guru di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni person, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik pemeriksaan triangulasi..Untuk tahap penelitian menggunakan pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian sebagai berikut: kitab Fathul Qarib adalah kitab karya Muhammad bin Qasim al-Ghazi. Beliau berasal dari Ghazi dan bermadzhab syafi’i. Kitab Fathul Qarib adalah materi pelajaran yang wajib bagi pondok pesantren. Peran guru ketika proses pembelajaran menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran yang digunakan untuk tercapainya tujuan pembelajaran adalah dengan menggunakan metode diskusi. Guru melontarkan permasalahan yang ada di masyarakat kemudian santri diminta untuk mencari ‘ibarat-‘ibarat yang ada di Kitab Fathul Qarib dan dapat diperkuat dengan kitab syarah yang lain. Untuk mengetahui kefahaman kitab Fathul Qarib santri sebagai hasil penerapan strategi pembelajaran, guru dapat menilai ketika santri aktif selama proses pembelajaran. Selain itu, dapat dilihat ketika mengetahui kemampuan santri dalam menyelesaikan problematika masyarakat yang telah dilontarkan oleh guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153465 NGAFIF ROCHIQIM MAHTUM
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:39
Last Modified: 27 Jun 2019 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11655

Actions (login required)

View Item View Item