INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LIANA DWI FATMAWATI, 17205153350 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLOTUL UQUL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Liana Dwi Fatmawati, NIM: 17205153350. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam Melalui Kegiatan Keagaman di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam, Kegiatan Keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah membawa permasalahan sosial yakni terkikisnya nilai-nilai agama Islam pada masyarakat. Hal tersebut mencerminkan bahwasanya proses pendidikan terjadi ketimpangan dimana penanaman nilai-nilai agama Islam belum mendapat porsi yang memadai. Untuk itu diperlukan internalisasi nilai-nilai agama Islam sebagai wujud pengajaran yang memberikan contoh nyata kepada peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Pentingnya internalisasi nilai-nilai agama Islam yang meliputi nilai aqidah, syari’ah dan akhlak kepada peserta didik adalah untuk menjadikan peserta didik mampu mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar hingga mereka dewasa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana internalisasi nilai aqidah melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? 2). Bagaimana internalisasi nilai syari’ah melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? 3). Bagaimana internalisasi nilai akhlak melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Sumbergempol Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitiannya: 1). Internalisasi nilai aqidah melalui kegiatan keagamaan yaitu, yang pertama melalui kegiatan tahfidz dan tadarus yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan, tanggung jawab dan kedisiplinan. Kedua, melalui kegiatan berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan keagamaan dilaksanakan yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan dan kedisplinan, ketiga, melalui kegiatan Yasin dan Tahlil yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan dan kedisiplinan, keempat, melalui kegiatan istighosah yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan, sosial dan kedisplinan, kelima, melalui kegiatan sholawat yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan, dan kedisiplinan, keenam, melalui kegiatan PHBI yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan dan sosial. 2). Internalisasi nilai syari’ah melalui kegiatan keagamaan yaitu, yang pertama, melalui kegiatan sholat dhuhur berjamaah yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan, sosial, kedisiplinan xiv dan tanggung jawab, kedua, melalui kegiatan infaq jum’at yang di dalamnya terdapat nilai ketuhanan dan sosial. 3). Internalisasi nilai akhlak melalui kegiatan keagamaan yaitu, melalui kegiatan bersalaman dengan guru ketika selesai kegiatan tahfidz, sholawat dan sholat dhuhur berjamaah yang di dalamnya terdapat nilai kesopanan dan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153350 LIANA DWI FATMAWATI
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:02
Last Modified: 25 Jun 2019 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item View Item