IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN SISWA DI MI PLUS AL HUDA JERUK SELOPURO BLITAR

FITRIA MUNAWAROH, 17205153067 (2019) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA ALQURAN SISWA DI MI PLUS AL HUDA JERUK SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Usmani dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Alquran Siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Fitria Munawaroh, NIM. 17205153067, pembimbing Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Usmani, Kualitas Membaca Alquran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah upaya madrasah, dalam hal ini MI Plus Al Huda untuk mewujudkan generasi Qur’ani dengan memberikan pembelajaran membaca Alquran dengan mudah dan praktis untuk siswa. Belajar membaca Alquran merupakan hal yang teramat penting bagi semua umat muslim sebagai modal untuk mendalami agama selanjutnya. Pemerintah Kota Blitar melalui Peraturan Walikota mewajibkan seluruh siswa di Kota Blitar mampu membaca Alquran dan mempunyai sertifikat sebagai prasyarat untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Metode usmani sebagai salah satu metode pembelajaran membaca Alquran menjadi pilihan metode pembelajaran membaca Alquran bagi siswa di MI Plus Al Huda Jeruk dengan tujuan siswa mampu membaca Alquran dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengajaran Dak-Tun (tidak boleh menuntun) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar? (2) Bagaimana pengajaran Ti-Was-Gas (teliti, waspada, dan tegas) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi pembelajaran metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengajaran Dak-Tun (tidak boleh menuntun) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan pengajaran Ti-Was-Gas (teliti, waspada, dan tegas) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam mengembangkan penggunaan metode usmani dalam pembelajaran Alquran untuk meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa, bagi pendidik MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar sebagai bahan masukan dalam mengenali kondisi dan apa yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran Alquran, sehingga mampu mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas membaca Alquran dengan menggunakan metode usmani, bagi siswa MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar sebagai masukan mengenai pentingnya mempelajari Alquran dengan benar, karena Alquran merupakanpedoman bagi keselamatan hidupnya di dunia dan akhirat, bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan pijakan untuk mengembangkan penelitian yang lebih mendalam mengenai metode pembelajaran Alquran, khususnya metode usmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi kasus (case study) yang mengambil lokasi di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Observasi partisipan digunakan untuk mengetahui, menelaah, dan menggambarkan situasi sosial dan suasana pembelajaran Alquran dengan metode usmani di dalam kelas. Wawancara mendalam digunakan untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran Alquran dengan metode usmani. Studi dokumentasi digunakan untuk mendukung penggunaan metode observasi partisipan dan wawancara mendalam serta mengumpulkan data tentang dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengajaran Dak-Tun (tidak boleh menuntun) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar diterapkan dengan seorang guru tidak diperbolehkan selalu menuntun siswa dalam membaca Alquran namun hanya sebagai pembimbing, fasilitator, dan motivator sehingga siswa tidak akan bergantung terus menerus dalam pembelajaran membaca Alquran. (2) Pengajaran Ti-Was-Gas (teliti, waspada, dan tegas) metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Alquran siswa di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar yaitu guru harus teliti dan tegas dalam memberi contoh bacaan Alquran, teliti dan waspada saat menyimak bacaan siswa, tegas dalam menentukan evaluasi terhadap kefasihan dan kebenaran siswa dalam membaca Alquran. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Alquran dengan metode usmani di MI Plus Al Huda Jeruk Selopuro Blitar meliputi: karakteristik dan kemampuan masing-masing anak, efektif dan efisiennya waktu yang digunakan, keterampilan berpikir dan memperhatikan anak, tujuan yang ingin dicapai, minat dan motivasi, sarana dan prasarana, serta modul pembelajaran yang digunakan. Hal utama yang menjadi kendala dalam pembelajaran Alquran di MI Plus Al Huda Jeruk adalah karakteristik anak dan masalah waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153067 FITRIA MUNAWAROH
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:34
Last Modified: 24 Jun 2019 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item