PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ATAU VIDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

LAILA FITRIA, 1720515253131 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ATAU VIDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI WAHID HASYIM BAKUNG BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laila Fitria, 17205153131, Pengaruh Penggunaan Media Film atau Vidio Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA Kata Kunci: Media Film atau Vidio, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik yang salah satu faktornya adalah penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual yaitu media film atau vidio. Secara teori Media audiovisual dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan, serta memberikan pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Rumusan masalah penelitian skripsi ini adalah: (1 ) Adakah pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap motivasi belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar? (2) Adakah pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar? (3) Adakah pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar? Adapun bertujuan untuk : (1) Untuk menjelaskan pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap motivasi belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar (2) Untuk menjelaskan pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar (3) Untuk menjelaskan pengaruh signifikan media film atau vidio terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen semu. Teknik menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Dengan pengambilan sampel menggunakan purpose sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V A dan VC yang berjumlah 48 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 25 pertanyaan dan tes dengan jumlah item 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan uji T-Test dan uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenita. Dari hasil penelitianini menunjukkan bahwa (1) uji T-Test angket motivasi diperoleh dari nilai Sig. sebesar 0,005. Nilai Sig.< 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media film atau vidio terhadap motivasi belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. (2) Hasil uji T-Test post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media film atau vidio terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pelajaran fiqih materi Haji, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. 0,001 < 0,05 maka xvii ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh media film atau vidio terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MI Wahid Hasyim Bakung Blitar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media film atau vidio memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153131 LAILA FITRIA
Date Deposited: 21 Jun 2019 06:47
Last Modified: 21 Jun 2019 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item