PENGARUH METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

YAYI ROMAITA, 17205153104 (2019) PENGARUH METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yayi Romaita, 17205153104, Pengaruh Metode An-Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Motivasi, Kemampuan Membaca Al-Quran Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi membaca Al Quran siswa dan kemampuan membaca Al-Quran yang belum mampu membaca Al-Quran dengan tepat sesuai dengan tajwid. Dalam penelitian ini peneliti akan melihat pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca AlQuran siswa di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh motode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (2)Adakah pengaruh motode An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (3) Adakah Pengaruh Metode An-Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen semu. Teknik menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Dengan pengambilan sampel menggunakan purpose sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V A dan VC yang berjumlah 48 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 25 pertanyaan dan tes dengan jumlah item 10 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan bantuan SPSS 18.0. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji manova angket motivasi diperoleh nilai Sig. sebesar 0,005. Nilai Sig.< 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap motivasi belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar , (2) Hasil uji manova post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001 . 0,001 < 0,05 maka ditolak dan diterima, artinya ada Pengaruh Metode An Nahdliyah Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini metode An-Nahdliyah pengaruh terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Quran siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153104 YAYI ROMAITA
Date Deposited: 21 Jun 2019 04:28
Last Modified: 21 Jun 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item