PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI GURU DAN SISWA MELALUI VIDEO DAN GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN BIOLOGI PADA KELAS X MIA DI MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

MAYUDHA PRAYUGA, 17208153060 (2019) PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI GURU DAN SISWA MELALUI VIDEO DAN GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN BIOLOGI PADA KELAS X MIA DI MAN KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Intensitas Interaksi Guru dan Siswa melalui Video dan Gambar terhadap Pemahaman Biologi Pada Kelas X MIA di MAN Kota Blitar Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi ditulis oleh Mayudha Prayuga, NIM. 17208153060, Pembimbing Dr. Adi Wijayanto., S.Or.,S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci: Media video dan gambar, intensitas interaksi, pemahaman siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya intensitas interaksi belajar serta pemahaman belajar siswa yang belum signifikan. Karena penggunaan cara menghafal dalam kegiatan belajar. Waktu belajar ditentukan sesuai batasan tertentu. Waktu belajar terbatas membuat materi yang diterima siswa kurang optimal. Pendapat tersebut mengarahkan pada penggunaan media video dan gambar. Penelitian ini bermaksud mengetahui pengaruh intensitas interaksi melalui media video dan gambar terhadap pemahaman biologi siswa kelas x MIA di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana tingkat intensitas interaksi guru dengan siswa melalui media video dan gambar dalam proses pembelajaran Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah pemahaman siswa tentang materi Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh intensitas interaksi guru dengan siswa melalui media video dan gambar terhadap pemahaman materi Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat intensitas interaksi guru dengan siswa melalui video dan gambar dalam proses pembelajaran Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui pemahaman siswa tentang materi Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui pengaruh intensitas interaksi guru dengan siswa melalui video dan gambar terhadap pemahaman materi Biologi kelas X di MAN Kota Blitar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk dalam jenis eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test, one-way ANOVA (Analisis of Variance), MANOVA (Multivariat Analisis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase tingkat intensitas interaksi rendah sebesar 43% jumlah siswa pada kelas yang menggunakan video dan Persentase tingkat intensitas interaksi tinggi sebesar 57% jumlah siswa pada kelas yang menggunakan gambar. (2) Rata-rata pemahaman pada X MIA 1 83.50, X MIA 3 86.10, dan X MIA 4 78.87. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas interaksi tinggi melalui gambar dengan perolehan skor intensitas interaksi rata-rata tinggi sebesar 79,90 terhadap kelas dengan intensitas interaksi berada di skala rendah tanpa melalui gambar atau video. Nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka intensitas interaksi berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153060 MAYUDHA PRAYUGA
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:15
Last Modified: 24 Jun 2019 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item