AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA (Studi terhadap Seni Beladiri Asmo Jati di Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung)

ACHMAD SAIQURROHMAN, 2832133001 (2019) AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA (Studi terhadap Seni Beladiri Asmo Jati di Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA Studi terhadap Seni Beladiri Asmo Jati di Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung" ini ditulis oleh Achmad Saiqurrohman, NIM. 2832133001, pembimbing Dr. Ngainun Na'im, M. Pd. Kata kunci: Akulturasi, budaya, seni beladiri Dalam Skripsi ini membahas mengenai "AKULTURASI ISLAM DAN BUDAYA JAWA Studi terhadap Seni Beladiri Asmo Jati di Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.” Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan mengenai fenomena kebudayaan kesenian beladiri Asmo Jati di Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Adapun pokok permasalahan atau inti dari tulisan ini adalah menjawab dua pertanyaan berikut: (1) bagaimana proses terjadinya percampuran unsur-unsur Islam dan budaya Jawa dalam Beladiri Asmo Jati (2) Bagaimana representasi Beladiri Asmo Jati saat ini. Dalam menjawab pertanyaan tersebut menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teori antropologi dan fungsionalisme untuk mengetahui bagaimana perkermbangan kesenian beladiri Asmo Jati sebagai suatu seni beladiri yang didalamnya terdapat unsur Islamnya. Dengan hal ini, diharapkan dapat diketahui sejauh mana dampak dan pengaruh Islam terhadap perkembangan Islam yang ada di Tulungagung khususnya Desa Majan melałui kesenian beladiri Asmo Jati. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya kesenian beladiri Asmo Jati adalah kesenian Islam Jawa yang didalamnya terkandung dua unsur Islam dan budaya Jawa dari setiap gerakan, seni, amalan pada silatnya. Maka dari itu seni beladiri ini mudah diterima oleh masyarakat Majan khususnya dan Tulungagung pada umumnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: 2832133001 ACHMAD SAIQURROHMAN
Date Deposited: 03 Jul 2019 07:43
Last Modified: 03 Jul 2019 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item