PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

AMALIA WIDYANINGSIH, 17205153142 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Mi Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” yang ditulis oleh Amalia Widyaningsih di bimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M. Pd.I Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pola asuh orang tua dan motivasi belajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi cara anak dalam berkembang, karena keluarga terutama orang tua merupakan orang terdekat dengan anak yang dapat membentuk tingkah laku, kebiasaan, kepribadian serta pendidikan anak. Pergaulan anak zaman dulu dan sekarang berbeda disini guru dituntut untuk bisa mengembangkan motivasi belajar siswa, dengan cara yang menarik agar siswa semakin terpacu untuk belajar. Pola asuh dan motivasi belajar yang tidak tepat bisa membuat turunya prestasi belajar sehingga dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 - 6 MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung yang berjumlah 201 peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung> ttabel (7,026 > 2,060). Nilai signifikansi t untuk variabel pola asuh orang tua adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas0,05 (0,000 < 0,05). 2) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung> ttabel (6,200> 2,060). Nilai signifikansi t untuk variabel motivasi belajar adalah 0,026 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). 3) Berdasarkan perhitungan uji regresi berganda secara bersama-sama terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh perhitungan menunjukkan Fhitung (32.892) > Ftabel (3,351). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas (α) yang ditetapkan (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153142 AMALIA WIDYANINGSIH
Date Deposited: 20 Jun 2019 02:56
Last Modified: 20 Jun 2019 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item