TINJAUAN HUKUM PERDATA DAN HUKUM ISLAM TENTANG SEWA-MENYEWA LAHAN MILIK PERHUTANI (studi kasus di dusun kasrepan desa demuk kecamatan pucanglaban tulungagung)

MUHAMAD MUNAWIR MA'RUPI, 17101153031 (2019) TINJAUAN HUKUM PERDATA DAN HUKUM ISLAM TENTANG SEWA-MENYEWA LAHAN MILIK PERHUTANI (studi kasus di dusun kasrepan desa demuk kecamatan pucanglaban tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Muhamad Munawir Ma’rupi, NIM 17101153031, 2019. Tinjauan Hukum Perdata dan Hukum Islam Mengenai Sewa-menyewa Lahan Milik Perhutani (studi kasus di dusun kasrepan desa demuk kecamatan pucanglaban tulungagung). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Indri Hadisiswati, S.H., M.H. Kata Kunci:Sewa-menyewa, Hak & Kewajiban, Hukum Islam Dalam Muamalah terdapat transaksi sewa-menyewa dimana ada pemindahan manfaat barang dari pemilik kepada penyewa. Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan, yakni sewa-menyewa lahan milik perhutani yang ada di wilayah dusun kasrepan desa demuk kecamatan pucanglaban tulungagung. Dalam hukum perdata transaksi sewa-menyewa ini sudah sesuai namun belum sepenuhnya hak dan kewajiban penyewa terpenuhi. Dalam hukum islam transaksi ini belum sesuai dengan rukun dan syarat dalam syariat islam. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik sewa-menyewa lahan yang diperoleh dari hak garap lahan milik perhutani?. 2) bagaimana tinjauan hukum perdata dalam sewa-menyewa lahan yang diperoleh dari hak garap lahan milik perhutani?. 3) bagaimana tinjauan hukum islam dalam sewa-menyewa lahan milik perhutani?. Yang bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana praktik sewa-menyewa lahan milik perhutani oleh warga dusun kasrepan. 2) bagaimana tinjauan hukum perdata dalam praktik sewa-menyewa dalam hal ini, dan 3) bagaimana tinjauan hukum islam dalam praktik ini. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian hukum kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan Observasi, dokumentasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan metode induktif sehingga dapat diambil kesimpulan yang bersifat khusus. Lalu dianalisis mengunakan hukum perdata dan hukum islam yang bertujuan apakah praktik ini sudah sesuai dengan hukum. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) praktik sewa-menyewa yang dilakukan oleh warga dusun kasrepan sudah memenuhi hukum namun lama –kelamaan penyewa mulai lalai dengan tanggung jawabnya. 2) dalam hal ini dari kedua belah pihak melakukan wanprestasi. 3) dalam hukum islam ada beberapa yang belum terpenuhi dan hal tersebut belum sesuai dengan syariat islam, sebab hal tersebut dapat merugikan pihak lain. Sewa-menyewa ini seharusnya dilakukan perjanjian ulang dan dimusyawarahkan terlebih dahulu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153031 Muhamad Munawir Ma'rupi
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:20
Last Modified: 08 Apr 2020 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11577

Actions (login required)

View Item View Item