STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA IKAN HIAS DALAM PRESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Peternak Ikan Hias di Desa Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung)

Wiwin Purwati, 17402153010 (2019) STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA IKAN HIAS DALAM PRESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Peternak Ikan Hias di Desa Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Bisnis Budidaya Ikan Hias ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada peternak ikan hias di Desa Bendijati Wetan Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Wiwin Purwati, NIM. 17402153010, pembimbing Dr. H. Mashudi, M. Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa supplier yang memiliki pasar yang cukup jauh jaraknya seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, awalnya para supplier menggunakan metode coba-coba dan nekat. Hal ini tentu masuk dalam kategori gharar, karena ada unsur ketidakpastian dan juga ada sedikit unsur gambling. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran budidaya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol? 2) Bagaimana strategi pemasaran budidaya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol ditinjau dari etika bisnis Islam? 3) Kendala dalam strategi pemasaran budi daya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol ? 4) Solusi menghadapi kendala dalam strategi pemasaran budi daya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi pemasaran budidaya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol. 2) Mendeskripsikan strategi pemasaran budidaya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol ditinjau dari etika bisnis Islam. 3) Mendeskripsikan Kendala dalam strategi pemasaran budi daya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol. 4) Mendeskripsikan solusi menghadapi kendala dalam strategi pemasaran budi daya ikan hias di desa Bendiljati Wetan kecamatan Sumbergempol? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan cara perpanjang kehadiran, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian adalah produk yang dihasilkan/dijual dari desa Bendiljati Wetan ini adalah berbagai jenis ikan hias dengan berbagai macam ukuran, lokasi pengiriman/pasar yang dituju tidak hanya dalam pulau tetapi juga sampai luar pulau, penentuan harga jual adalah dua kali lipat dari harga beli di petani/pengepul, pengiriman dilakukan dengan menggunakan mobil pick up dan jasa pengiriman dengan pesawat terbang. Kendala yang sering di alami para supplier yaitu cuaca yang berubah dingin mengakibatkan ikan kena jamur dan ikan ikan menjadi mati. Kendala lain saat transportasi pesawat tidak jadi terbang. Solusi yang telah dilakukan para supplier untuk menghadapi kendala keadaan cuaca saat dingin dan kena penyakit jamur yaitu di beri obat sampai nanti kalo cuaca sudah kembali normal tidak dingin lagi, jadi selain di obati juga mampu bertahan sampai cuaca kembali normal. Untuk menghadapi masalah bagian pesawat yang tidak jadi terbang, 2 hari sebelum pengiriman harus boking dulu , harus di pastikan kira kira pesawatnya bener bener bisa terbang apa tidak. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ikan Hias, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153010 WIWIN PURWATI
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:49
Last Modified: 19 Jun 2019 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item