PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PQ4R(PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI ANIMALIA KELAS X-MIPA UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rizal Miftakhul Khoirudin, 17208153062 (2019) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PQ4R(PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA MATERI ANIMALIA KELAS X-MIPA UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengembangan Modul Berbasis PQ4R (Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X -Mipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik ini ditulis oleh Rizal Miftakhul Khoirudin, NIM 17208153062, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: Modul, PQ4R, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saat ini sangat terbatas. Sedangkan bahan ajar sendiri merupakan sarana penting dalam melakukan proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaanan bahan ajar dengan sebuah strategi belajar yang dapat membantu memaksimalkan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti mengembangkan suatu modul biologi berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan modul berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada materi Animalia untuk SMA/MA? 2) Bagaimana hasil pengembangan modul berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada materi animalia untuk SMA/MA? 3) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan modul yang berbasis PQ4R dan tanpa modul? Motode penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti yaitu metode pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi yaitu 1) penelitan dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) validasi ahli, 5) revisi produk, 6) ujicoba lapangan 7) revisi produk 8) implementasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Proses penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap, yaitu tahap pengumpulan data awal dan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan draft produk. Validasi ahli, dan revisi 2) produk modul pengembangan terdiri dari sampul, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan modul, kegiatan belajar, evaluasi, daftar pustaka, rubrik penilaian, dan kunci jawaban. Berdasarkan hasil validasi dari ahli menunjukan bahwa modul berbasis PQ4R pada materi animalia untuk kelas X- MIPA yang dikembangkan valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase total 82,09. 3) Berdasarkan hasil belajar antara kelas yang diterapkan menggunakan modul dan kelas yang tidak menggunakan modul, dan diolah menggunakan uji t-test menggunakan SPSS diperoleh signifikansi 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikia artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diterapkan modul berbasi PQ4R dengan kelas yang tidak diterapkan menggunkan modul. Sehingga ada pengaruh penerapan modul berbasis PQ4R terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153062 Rizal Miftakhul Khoirudin
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:13
Last Modified: 13 Jun 2019 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item View Item