Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tulungagung

NOVA ALIN DWI WAHYUNI, 17402153494 (2019) Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (999kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (807kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (559kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “AnalisisStrengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tulungagung”ini ditulis oleh Nova Alin Dwi Wahyuni, NIM. 17402153494 dengan dibimbing oleh Muhamad Aswad, MA. Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki kekayaan akan tempat wisata maupun aktivitas wisatanya. Namun masih banyak potensi wisata yang belum dikembangkan dan dikelola dengan optimal oleh pemerintah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis SWOT dalam penentuan strategi pengembangan yang cocok untuk periwisata di Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kekuatan dan kelemahan pada pengembangan pariwisata di Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana peluang dan ancaman pada pengembangan pariwisata di Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tulungagung? Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap pihak terkait. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT yang didalamnya berisis kolaborasi antara faktor eksternal dan internal. Teknik analisis data menggunakan konsep Fredd, R. David yaitu melalui tiga tahap perumusan strategis yaitu tahap pemasukan, tahap pencocokan, dan tahap penggambilan keputusan. Pada tahap pemasukan penganalisisan menggunakan matrik IFE, dan matrik EFE. Pada tahap selanjutnya yaitu tahap pencocokan dianalisis menggunakan matrik IE, Matrik Grand Strategy, dan matrik SWOT. Dan pada tahap terakhir pengambilan keputusan menggunakan matrik QSPM. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pemasukan nilai hasil dari matrik IFE sebesar 3,244 dan matrik EFE sebesar 3,371. Selanjutnya pada tahap pencocokan diketahui posisi pariwisata Kabupaten Tulungagung berada pada sel 1, masuk pada strategi pertumbuhan. Strategi yang cocok adalah strategi intensif atau integrasi bisa menjadi paling tepat bagi divisi-divisi ini. Selanjutnya pada matrik Grand Strategy posisi pariwisata Kabupaten Tulungagung berada pada kuadran 1 dan strategi yang cocok adalah strategi penetrasi pasar, dan pengembangan pasar. Dan strategi yang dihasilkan adalah strategi SO yang dirumuskan pada matrik SWOT. Pada tahap terakhir, tahap pengambilan keputusan, dari hasil matrik QSPM diperoleh alternatif strategi pengembangan pasar (Market Development). Dengan Total Nilai Daya Tarik (TAS) sebesar 6,103. Kata Kunci: Pariwisata, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi 17402153494 Nova Alin Dwi Wahyuni
Date Deposited: 31 May 2019 06:27
Last Modified: 31 May 2019 06:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11557

Actions (login required)

View Item View Item