PERAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan)

LAILI MUFIDHATUL ULA, 17201153395 (2019) PERAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kiai dalam Meningkatkan Motivasi Santri Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan).” Ini ditulis oleh Laili Mufidhatul Ula, NIM. (17201153395). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S. Ag., M. Pd.I., NIP. 19711228 199903 1 002 Kata kunci : Peran, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an Latar belakangi penelitian ini adalah keadaan dimana menghafal al-Qur’an adalah suatu hal yang tidak mudah dan membutuhkan curahan waktu, tenaga dan fikiran serta motivasi yang tinggi baik dari diri sendiri maupun dari pihak lain. Dalam hal ini peneliti akan menghubungkaan peran kiai dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Fokus penelitian, 1) Bagaimana peran kiai dalam meningkatkan motivasi intern santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan? 2) Bagaimana peran kiai dalam meningkatkan motivasi ekstern santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan? 3) Bagaimana hambatan kiai dalam meningkatkan motivasi santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan?. Adapun tujuan, 1) Untuk mengetahui peran kiai dalam meningkatkan motivasi intern santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. 2) Untuk mengetahui peran kiai dalam meningkatkan motivasi ekstern santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. 3) Untuk mengetahui hambatan kiai dalam meningkatkan motivasi santri menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Poncol Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama adalah pengasuh pondok pesantren. teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Ikhtiar kiai dan mengajak semua santri untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, supaya hati para santri ditata oleh Allah Swt. , dan tujuan santri dalam menghafal al-Qur’an semakin mantap yaitu hanya untuk memperoleh ridho Allah Swt. 2) Pemberian nasehat, penerapan metode bimbingan, kegiatan setoran, penerapan metode muroja’ah, kegiatan istima’ul qur’an, kegiatan wajib belajar dan peraturan-peraturan. 3) Hambatan dari santri sendiri, luas lahan yang tidak memadai dan kurangnya pemahaman dari orang tua tentang peraturan pondok pesantren.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153395 LAILI MUFIDHATUL ULA
Date Deposited: 27 May 2019 03:12
Last Modified: 27 May 2019 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item