EFEKTIVITAS TERAPI RELAKSASI MEDITASI SUFISTIK DALAM MENURUNKAN TINGKAT STRES SISWA KELAS XII MENJELANG UJIAN NASIONAL (Studi Kasus di SMAN 01 Durenan Trenggalek)

KHANIP NURFITRIAANI, 1733143030 (2019) EFEKTIVITAS TERAPI RELAKSASI MEDITASI SUFISTIK DALAM MENURUNKAN TINGKAT STRES SISWA KELAS XII MENJELANG UJIAN NASIONAL (Studi Kasus di SMAN 01 Durenan Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khanip Nurfitriaani. 2018. Efektivitas Terapi Relaksasi Meditasi Sufistik dalam Menurunkan Tingkat Stres Siswa Kelas XII Menjelang Ujian Nasional (Studi Kasus di SMAN 01 Durenan Trenggalek). Skripsi. Fakultas Ushuluddin, adab, dan Dakwah, Jurusan Tasawuf Psikoterapi, IAIN Tulungagung. Pembimbing Hj. Uswah Wardiana, M.Si. Kata Kunci: Relaksasi Meditasi Sufistik, Tingkat Stres, Siswa SMA kelas XII UNBK adalah fenomena baru pendidikan di Indonesia yang masih menimbulkan persoalan khususnya bagi siswa, mulai dari sistematika pelaksanaan yang rumit serta infrastruktur masih belum memadai. Hal ini menimbulkan persoalan tersendiri bagi siswa yang dapat berdampak buruk pada peforma siswa dalam menghadapi ujian. Sehingga, diperlukan pendekatan khusus bagi siswa yang akan menghadapi ujian guna membantu mereka dalam menurunkan tingkat stresnya. Perlakuan yang dapat diberikan sebagai alternatif bantuan dalam menurunkan tingkat stres siswa adalah berupa terapi relaksasi meditasi sufistik. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Apakah terapi relaksasi meditasi sufistik efektif digunakan dalam menurunkan tingkat stres pada siswa SMA kelas XII menjelang ujian nasional? (2) Seberapa besar tingkat efektivitas terapi relaksasi meditasi sufistik dalam menurunkan tingkat stres pada siswa SMA kelas XII menjelang ujian nasional?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi relaksasi meditasi sufistik dalam menurunkan tingkat stres siswa SMA kelas XII di SMAN 01 Durenan Trenggalek dan seberapa besar efektivitas dari pemberian terapi tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen metode Pretest Posttest Control Group Design yang menggunakan subyek penelitian beberapa siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat stres siswa sebelum mendapatkan perlakuan terapi tergolong tinggi dan sedang dengan jumlah terendah senilai 71 dan tertinggi 165. Sedangkan hasil evaluasi yang terlihat dari kuesioner stres yang diisi saat post test dan follow up siswa mengalami perubahan yang signifikan dengan menurunnya tingkat stres mencapai 81 dalam kategori stres rendah. (2) Berdasarkan hasil hitung uji sumbangan efektif regresi linier pre test dan post test kelompok eksperimen didapatkan nilai R Square sebesar 0,556 atau 55,6%, yang berarti bahwa tingkat efektivitas terapi relaksasi meditasi sufistik dalam menurunkan tingkat stres siswa SMA kelas XII sebesar 55,6% sedangkan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, yakni Terapi Relaksasi Meditasi Sufistik efektif dalam menurunkan tingkat stres siswa. Sehingga terapi ini dapat direkomendasikan pada siswa SMA kelas XII yang mengalami stres menjelang ujian nasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143030 KHANIP NURFITRIAANI
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:01
Last Modified: 28 Jun 2019 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item