RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI SMA KATOLIK ST THOMAS AQUINO TULUNGAGUNG

HAKKA AHMADIA MUSTAWA, 1721143154 (2019) RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MUSLIM YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI SMA KATOLIK ST THOMAS AQUINO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Hakka Ahmadia M, NIM 1721143154, Religiusitas Peserta didik Muslim yang menempuh pendidikan di SMA ST Thomas Aquino Tulungagung, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung 2019, Pembimbing oleh Abdul Aziz M.Pd.i Kata Kunci : Religiusitas, Peserta didik Muslim Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa beberapa sekolah Kristen atau Katolik, tidak memberikan mata pelajaran Pendidikan Agama. Sekolah- sekolah tersebut mengganti mata pelajaran Pendidikan Agama dengan Pendidikan Religiusitas. Pendidikan Religiusitas merupakan mata pelajaran (seperti) agama, akan tetapi tidak hanya satu agama saja yang dipelajari, melainkan mempelajari gambaran umum dari semua agama dan aliran kepercayaan yang ada di Indonesia. Semua siswa dari berbagai latar belakang agama yang berbeda berada dalam satu kelas untuk mendapatkan materi Pendidikan Religiusitas. Hal ini dimaksudkan agar setiap siswa mengetahui serta memahami gambaran kehidupan keagamaan antar umat beragama yang berbeda sehingga diharapkan siswa akan mampu bersikap bijak dan toleran dalam menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada. Kesalehan sosial, inilah yang menjadi inti dari materi Pendidikan Religiusitas. Hal ini pula yang diterapkan di SMA Santo Thomas Aquino Tulungagung Meskipun SMA Santo Thomas ini merupakan sekolah yang bercirikan Katolik, akan tetapi terdapat siswa dari berbagai latar belakang agama yang berbeda, seperti: Kristen, Hindu dan Islam. Lebih dari itu, bahkan siswanya pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang notabene memiliki suku, budaya serta adat yang berbeda. Berdasarkan berbagai perbedaan yang ada, SMA Santo Thomas tidak memberikan pendidikan agama bagi setiap siswa sesuai dengan agamanya masing-masing. Akan tetapi, meskipun nama mata pelajaran yang tertera pada kurikulum adalah Pendidikan Agama, materi yang diajarkan bukanlah materi pendidikan agama pada umumnya, tetapi mengacu pada Pendidikan Religiusitas yang dapat mengakomodir semua siswa. Rumusan Masalahnya : 1)Bagaimana Religiusitas Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung ? 2)Bagaimana Religiusitas Ritual Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung ? 3)Bagaimana Religiusitas Intelektual Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui bagaimana Religiusitas Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung 2)untuk mengetahui bagaimana Ritual Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung. 3)untuk mengetahui bagaimana Intelektual Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung Metode Penelitian yangdigunakakn peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Religiusitas Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung relatif rendah. Ada beberapa anak yang paham betul dengan Islam meskipun hanya ditunjang pendidikan agama oleh keluarganya. 2) Ritual Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung juga relative kurang. dari yang paling dasar syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Haji, mereka hanya mengerti dan memahami dari luarnya saja belum sampai memahami secara mendalam (Syarat sah, Syarat Wajib, Hal yang membatalkan, Hikmah) 3) Intelektual Keyakinan Peserta didik muslim yang menempuh pendidikan di SMA Katolik ST Thomas Aquiono Tulungagung cukup bagus dan lebih menonjol dalam hal toleransi. Karena di SMA ST Thomas Aquino Tulungagung lebih mengedepankan hal tersebut sehingga terciptanya kegiatan belajar mengajar yang aman dan damai tanpa adanya konflik perihal agama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 1721143154 Hakka Ahmadia Mustawa
Date Deposited: 21 May 2019 04:40
Last Modified: 21 May 2019 04:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item