Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan (Studi Kasus Radio Perkasa FM Tulungagung)

Cindy Kartika Ningrum, 17402153040 (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan (Studi Kasus Radio Perkasa FM Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Radio dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan (Studi Kasus Radio Perkasa FM Tulungagung)“. Ini ditulis oleh Cindy Kartika Ningrum, NIM. 17402153040, pembimbing Nurul Fitri Ismayanti, S.E., M.E.I. Radio merupakan media massa yang sudah cukup lama eksis dan bertahan hingga saat ini. Meskipun banyak media informasi dan hiburan lain yang bermunculan seiring dengan perkembangan zaman, radio tetap memiliki penggemar tersendiri. Radio adalah media hiburan dan informasi yang murah, praktis, serta dapat didengar kapan saja dan dimana saja. Perkembangan radio tidak lepas dari pemasang iklan. Tanpa pemasang iklan yang mengiklankan produk mereka di radio, maka radio tidak dapat bertahan dan beroperasional setiap harinya. Itu sebabnya radio harus selalu memiliki strategi komunikasi pemasaran yang baik dalam meningkatkan minat pemasang iklan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Radio Perkasa FM Tulungagung dalam meningkatkan minat pemasang iklan? (2) Apa kendala dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran radio Perkasa FM Tulungagung untuk meningkatkan minat pemasang iklan? (3) Bagaimana solusi dari kendala radio Perkasa FM Tulungagung dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan minat pemasang iklan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan tingkat penjelasannya, penelitian ini disebut penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah karyawan Radio Perkasa FM Tulungagung dan data sekunder diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui catatan atau laporan historis yang tersusun dalam arsip di Radio Perkasa FM Tulungagung. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data mengunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan proses berfikir induktif. Hasil penelitian adalah Radio Perkasa FM Tulungagung menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang meliputi acara khusus dan pengalaman, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, penjualan pribadi. Kendalanya meliputi tarif iklan, radio ilegal, dan klien. Solusinya adalah memperbaiki program supaya lebih informatif, edukatif dan marketable, dan memberikan bonus kepada para klien. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Radio, Pemasang

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: - 17402153040 Cindy Kartika Ningrum
Date Deposited: 20 May 2019 06:35
Last Modified: 20 May 2019 06:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11486

Actions (login required)

View Item View Item