Penggunaan media pembelajaran power point dalam kegiatan belajar Pendidikan Agama Islam pada kelas VII IT SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung

Fithriyah, Luthfiatul (2010) Penggunaan media pembelajaran power point dalam kegiatan belajar Pendidikan Agama Islam pada kelas VII IT SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I LUTFI.doc

Download (70kB)
[img] Text
BAB II LUTFI.doc

Download (156kB)
[img] Text
BAB III LUTFI.doc

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV new lutfi.doc

Download (326kB)
[img] Text
BAB V LUTFI.doc

Download (35kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA lutfi.doc

Download (41kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Media pembelajaran, Power point Latar belakang masalah: Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan, Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain atau penulis buku, salurannya adalah media pendidikan, dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru. Seperti halnya media pembelajaran komputer yang menggunakan perangkat lunak , yang salah satunya ialah power point. Dan ini membutuhkan keahlian khusus dalam penggunaannya agar dapat mendesain pesan dengan baik, sehingga tampilaannya dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan siswa dapat belajar dengan mudah. Mengingat pentingnya pembelajaran PAI maka peneliti mendapat dorongan untuk melakukan penelitian guna mengetahui perkembangan pembelajaran PAI dengan pemanfaatan media power point. Permasalahan: (1). Bagaimana upaya persiapan penggunaan media pembelajaran power point dalam kegiatan belajar PAI pada siswa kelas VII IT SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. (2). Bagaimana pelaksanaan penggunaan media pembelajaran power point dalam kegiatan belajar PAI pada siswa kelas VII IT SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. (3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran power point dalam kegiatan belajar PAI pada siswa kelas VII IT SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. Metode Penelitian: (1) a. Pola penelitian: deskriptif kualitatif. (2) Sumber data: primer dan sekunder. (3) Metode pengumpulan data: metode observasi, metode interview, metode dokumentasi. (4) Teknik analisa data: deskriptif induktif. (5) Pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pendiskusian teman sejawat. (6) Tahap-tahap penelitian: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap pelaporan. Hasil-hasil penelitian: (1) Persiapan guru dalam menggunakan media pembelajaran power point: a. berpedoman pada tujuan, b. guru mengetahui perbedaan anak didik, c. tersedianya sarana dan prasarana, d. mempertimbangkan jenis tugas, e. guru mengetahui karakteristik media pembelajaran power point. (2) Pelaksanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran power point: a. Kreatifitas guru PAI dalam pengelolaan kelas, b.pengelolaan siswa, pengeloaan ruang kelas, pengelompokan murid, membagi tugas, dam mengawasi pelaksanaanya, c. Mengenal kelemahan dan kelebihan murid, d.berpusat pada siswa, e.melibatkan siswa aktif, f.mengevaluasi hasil tugas, (3) a. Faktor pendukung: membantu memudahkan siswa belajar dan memudahkan mengajar bagi guru, memberikan pengalaman lebih nyata, menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar, semua indera siswa dapat diaktifkan, dan lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. b. Faktor penghambat: kurangnya keahlian guru faktor perbedaan siswa dalam memahami, dan kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 02:07
Last Modified: 06 Feb 2015 02:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item