MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRY KERUPUK REJO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

Farah Mei Utia Wati, 1742143095 (2019) MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRY KERUPUK REJO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (961kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Produksi Home Industry Kerupuk Rejo dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Farah Mei Utia Wati, NIM.1742143095 pembimbing Dyah Pravitasari, SE., MSA. Menjaga kualitas produk merupakan hal yang harus terus dilakukan oleh setiap produsen. Kualitas produk sendiri sangat tergantung dengan bagaimana manajemen produksi yang diterapkan oleh produsen. Ini menjadi tugas produsen untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi serta mengevaluasi setiap kegiatan produksi. Sebagai umat muslim sendiri tentunya seorang produsen harus menjalankan prinsip serta etika produksi agar proses produksi serta produk yang dihasilkan jauh dari kata haram. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Implementasi manajemen produksi Home Industry Krupuk Rejo dalam perspektif ekonomi islam (Studi Kasus Pada Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung); (2) Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendiskripsikan implementasi manajemen produksi yang dijalankan oleh Home Industry Kerupuk Rejo dalam perspektif ekonomi islam; 2) Untuk mendiskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana mengambil lokasi penelitian yaitu Home Industry Kerupuk Rejo Desa Tanjungsari Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini yaitu Home Industry Kerupuk Rejo belum sepenuhnya menjalankan proses produksi dengan prinsip Ekonomi Islam. Hal ini dapat dilihat dari belum terjaganya prinsip rijsun pada Home Industry Kerupuk Rejo. Akan tetapi Home Industry Kerupuk Rejo menggunakan bahan baku yang halal serta mesin-mesin yang berkualitas. Antara lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan acaman) Home Industry Kerupuk Rejo sangat seimbang. Home Industry memiliki kekuatan, akan tetapi memiliki kelemahan pula. Home Industry Kerupuk Rejo pun memiliki peluang yang cukup besar, namun disisi lain Home Industry Kerupuk Rejo juga memiliki ancaman yang tidak bisa diremehkan. Kata kunci : Manajemen, Produksi, Home Industry Kerupuk Rejo, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143095 Farah Mei Utia Wati
Date Deposited: 17 May 2019 08:31
Last Modified: 17 May 2019 08:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item