PENGARUH MEDIA DAKON GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIK ANAK KELOMPOK A di RA AL KHODIJAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN

ANA MUNTA DHIROTUL MAGHFIROH, 17206153029 (2019) PENGARUH MEDIA DAKON GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIK ANAK KELOMPOK A di RA AL KHODIJAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh media dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematik anak kelompok A di RA Al Khodijah Sumberagung Rejotangan Tulungagung” ini di tulis oleh Ana Munta Dhirotul Maghfiroh, NIM 17206153029, Pembimbing Dr. H. Asrof Syafi’i, M.Ag Kata kunci: media dakon geometri, kecerdasan logika matematik Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematik pada anak dengan media dakon geometri di kelompok A RA Al Khodijah Sumberagung Rejotangan Tulungagung. Kecerdasan logika matematik meliputi anak mampu bermain dakon geometri dengan tepat, anak mampu menghitung jumlah biji-bijian yang di perolehnya dengan benar, mampu menjawab pertanyaan tentang mengenal bentuk geometri. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kecerdasan logika matematik pada anak masih minim, maka dari itu peneliti menggunakan media dakon geometri, dakon geoemetri merupakan sebuah modifikasi alat permainan baru yang terdiri dari papan dakon yang dapat meningkatkan kecerdasan logika matematik, papan dakon dilubangi berbentuk geometri yang dapat menstimulus pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini. Dengan anak bermain dakon geometri ini anak dapat mengenal bentuk-bentuk geometri, secara tidak langsung anak dapat mengenal dan berfikir matematika logis, dan anak akan belajar berhitung dengan cara menghitung jumlah biji yang didapat. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Maan Whitney karena data penelitian merupakan data ordinal. Hasil analisis uji Maan Whitney diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan kognitif nilai Sig.(0.00<0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 26,53, kelas kontrol = 12,60), hasil post test kelas eksperimen dan kontrol untuk kemampuan berhitung nilai Sig.(0.00<0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 25,71, kelas kontrol = 13,30), dan hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kecerdasan logika matematik nilai Sig.(0.00<0,05) dan di dukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 25,76, kelas kontrol = 13,25). Maka dapat di simpulkan dari tiga uji rumusan masalah diatas bahwa Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media dakon geometri terhadap kecerdasan logika matematik anak kelompok A di RA Al Khodijah Sumberagung Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153029 ANA MUNTA DHIROTUL MAGHFIROH
Date Deposited: 23 May 2019 07:52
Last Modified: 23 May 2019 07:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item