Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung

Muh. Irfan, Lutfi, (2012) Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 4.doc

Download (162kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (40kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB 4.doc

Download (148kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (16kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (584kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (40kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata-kata kunci: Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqh, prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh keberhasilan pengajaran yang yang mengaktualisasikan tujuan-tujuan pengajaran, sangat tergantung kepada kemampuan guru. Posisi guru sangat signifikan di dalam pendidikan sebagai fasilitator dan pembimbing, maka guru memiliki tugas yang lebih berat, tidak hanya memegang fungsi transfer pengetahuan, tetapi lebih guru harus mampu memfasilitasi dalam menerpa dan mengembangkan dirinya, sehingga upaya guru sangat menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimana upaya guru fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Faktor apa saja yang menghambat upaya guru fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana solusi guru fiqh untuk mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1) Upaya guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah sebagai berikut: a) memberikan motivasi pada peserta didik, b) menggunakan strategi pembelajaran yang variatif, c) menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, d) Menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi pembelajaran. 2) Faktor penghambat upaya guru Fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik MTsN Tunggangri adalah a) Ada peserta didik yang berkemampuan kurang, b) Terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah untuk mengawasi peserta didik, karena apabila dirumah sudah menjadi tanggung jawab orang tua, c) Kurangnya kesadaran para peserta akan pentingnya belajar, sehingga apabila di sekolah mentaati peraturan dan apabila keluar dari lingkungan sekolah bebas bermain dengan teknologi, sehingga prestasi belajar peserta didik menurun. Faktor pendukung a) Penggunaan Media Komputer membantu memudahkan belajar bagi peserta didik dan memudahkan mengajar bagi pendidik, b) Penggunaan Media Komputer, c) Memberikan pengalaman lebih nyata, d) Menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar, e) Semua indera siswa dapat diaktifkan, f) Lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat, 3) Solusi guru Fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik MTsN Tunggangri adalah: a) pihak sekolah memberikan bimbingan khusus pada peserta didik yang berkemampuan kurang, yang dilakukan pada waktu istirahat, b) Ada kerjasama dari orang tua dan sekolah untuk memberikan pengawasan, dengan harapan siswa akan lebih meningkat prestasi belajarnya, c) Menumbuhkan kesadaran peserta didik agar suka membaca buku mata pelajaran daripada melihat Televisi maupun pergi ke warnet.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 02:02
Last Modified: 06 Feb 2015 02:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item