PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MACROMEDIA CAPTIVATE MATERI KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

LINA TRIWIDAYANTI, 17209153016 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MACROMEDIA CAPTIVATE MATERI KELANGKAAN DAN KEBUTUHAN MANUSIA KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV f.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media pembelajaran IPS Berbasis Macromedia Captivate Materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas VII MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Triwidayanti, NIM.17209153016, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Captivate Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena banyaknya siswa yang sering lupa dengan materi sebelumnya, dan media pembelajaran IPS yang kurang lengkap. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti ketika pembelajaran berlangsung di kelas, banyaknya siswa sering lupa dengan materi sebelumnya, kurang fokus mengikuti pembelajaran, serta sumber belajar dan media pembelajaran IPS yang kurang lengkap. Sehingga perlu dirancang pembelajaran yang menyenangkan dan menarik salah satunya yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memungkinkan siswa lebih fokus pada pembelajaran karena mengharuskan siswa berinteraksi langsung dengan program pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran IPS berbasis macromedia captivate pada materi kelangkaan dan kebutuhan manusia kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis macromedia captivate materi kelangngkaan dan kebutuhan manusia siswa kelas VII MTs Assyafiiyah Gondang yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, dan uji pelaksanaan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Assyafi’iyah Gondang dengan subyek penelitian kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian didapat melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta nilai post-test. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi media. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase 95,75%. Sedangkan validasi ahli materi menujukkan media memenuhi kriteria valid dengan persentase 93,65%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan media telah memenuhi 4 kriteria kepraktisan, yaitu Hasil angket respons siswa menyatakan bahwa produk praktis untuk digunakan. Validator menyatakan media dapat digunakan dengan sedikit revisi, nilai ketuntasan hasil belajar siswa lebih dari 75% yaitu 93,3%, serta analisis pengamatan aktivitas siswa menunjukkan persentase siswa bertanya 33% yang berarti media praktis atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji keefektifan media menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t-test data hasil tes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai dari Sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil ini terbukti dari ratarata nilai kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 84,13>71,93. Maka media ini dapat dinyatakan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: lina 17209153016 triwidayanti
Date Deposited: 17 May 2019 03:46
Last Modified: 17 May 2019 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item