Minat Siswa Terhadap Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Negeri Jabung Talun Blitar)

Elin Mulia, Lutfia (2010) Minat Siswa Terhadap Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Negeri Jabung Talun Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
b 1-elin-rev.doc

Download (77kB)
[img] Text
B 3.doc

Download (101kB)
[img] Text
B2.doc

Download (97kB)
[img] Text
b4-lin.doc

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (44kB)
[img] Text
cov.skrp.elindoc.doc

Download (578kB)
[img] Text
ELIN.doc

Download (157kB)
[img] Text
pstk(2).doc

Download (37kB)
[img] Text
pstk.doc

Download (37kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Latar Belakang Masalah: Guru harus mampu menumbuhkan motivasi langsung maupun tidak langsung, karena ke semua itu akan berpengaruh kepada kemampuan siswa untuk meningkatkan minat serta prestasi dan hasil belajar. Guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan implementasi Kurikulum. Kemampuan menggerakkan siswa-siswa untuk belajar belum tentu dimiliki setiap guru. Dengan kata lain dalam dunia pendidikan tidak semua guru mampu menggerakkan siswa-siswinya untuk belajar dengan memperhatikan prinsip-prinsip : peserta didik akan bekerja keras kalau punya minat dan perhatian terhadap pekerjaannya, memberikan tugas yang jelas dan dapat dimengerti, memberikan penghargaan terhadap hasil kerja dan prestasi peserta didik, menggunakan hadiah dan hukuman secara efektif dan efisien. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2) Bagaimana strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan Islam, 3) Apa factor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar. Tujuan Penelitian 1) Untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2)Untuk mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 3) Untuk mendeskripsikan strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan Islam Metode Penelitian: Pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan keabsahan data dengan dependability, transferability, konfirmability data. Hasil penelitian: 1) Minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, siswa menjadi kian minat dikarenakan dalam pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kehidupan yang tentunya hal itu tidak dimiliki atau tidak diajarkan dalam pendidikan lain, 2) Strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan Islam, penjajagan kebutuhan, perencaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pemantauan dan evaluasi program. Selain itu dengan cara merencanaan program madrasah ini harus mencakup indicator atau target mutu apa yang akan dicapai dalam tahun tersebut sebagai proses peningkatan mutu pendidikan, 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar; Faktor intern berupa : Kurangnya kemampuan dasar (intelegensi) murid, Kurangnya bakat khusus untuk suatu situasi belajar tertentu, Kurangnnya minat terhadap situasi belajar, Kurangnya motivasi akan dorongan untuk belajar, Situasi pribadi, terutama emosional yang dihadapi murid tertentu, Faktor jasmaniah karena cacat, Faktor bawaan (hereditas). Faktor lingkungan sekolah yang kurang memadai. Situasi keluarga, broken home, masalahnya ekonomi, kurang perhatian terhadap pendidikan sering pindah tempat dan sebagainya

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 01:55
Last Modified: 06 Feb 2015 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item