PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 2 BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

Jati Satrio Utomo Sarwo Wiyono, 1724143120 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 2 BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Wiyono. Jati Satrio Utomo Sarwo. Nim, 1724143120. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investiagtion Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe group investigation, hasil belajar Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung masih cenderung pasif. Hal itu dikarenakan pembelajaran masih terpusat pada guru, dengan kata lain guru aktif menyampaikan materi sedangkan siswa pasif mendengarkan dan menulis materi. Guru menyampaikan materi dengan memberikan contoh soal kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakan soal. Hal tersebut terus menerus dilaksanakan berulang-ulang dalam setiap pertemuan sehingga membuat siswa menjadi jenuh yang akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe group investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif bertipe group investigation efektif terhadap hasil belajar matematika dan seberapa efektif pembelajaran kooperatif bertipe group investigation terhadap materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung tahun ajaran 2018-2019?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya dan seberapa efektif pembelajaran kooperatif bertipe group investigation terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas VII di SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung yaitu VII-B dan VII-C, dimana kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi himpunan. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, akhirnya penulis mendapatkan data berupa nilai tes matematika. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji “t” test. Setelah data dianalisis dengan menggunakan perhitungan manual, akhirnya didapatkan thitung sebesar 3,359 dan ttabel sebesar 1,673 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan dengan nilai t hitung dan nilai t tabel dapat dilihat bahwa thitung = 3,359 > ttabel = 1,673, sehingga dapat disimpulkan H1 diterima atau model pembelajaran kooperatif tipe group investigation efektif terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Besuki Tulungagung tahun ajaran 2018-2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 1724143120 Jati Satrio Utomo Sarwo Wiyono
Date Deposited: 17 May 2019 03:55
Last Modified: 17 May 2019 03:55
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item