STRATEGI PENGAWASAN DAN PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MEMINIMALISIR RESIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG)

NAILA FITRIA DEWI, 1741143249 (2019) STRATEGI PENGAWASAN DAN PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH GUNA MEMINIMALISIR RESIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH (STUDI PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL PAHLAWAN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengawasan dan Penanganan Pembiayaan Murabahah Guna Meminimalisir Resiko Pembiayaan Bermasalah di Baitul Maal wat Tamwil Pahlawan Tulungagung”. penelitian ini ditulis oleh Naila Fitria Dewi, jurusan Perbankan Syariah, NIM. 1741143249, dosen pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat kondisi ekonomi yang sangat berkembang, sedangkan keadaan ekonomi manusia mulai mengkhawatirkan, hal tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang membutuhkan dana tambahan baik untuk memenuhi kebutuhannya maupun untuk mengambangkan usahanya, sehingga lembaga keuangan sangat berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dan hal itu membuat pihak lembaga harus extra dalam melakukan pengawasan dan penanganan prinsip pembiayaan untuk meminimalisir resiko pembiayaan bermasalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1.Bagaimana pelaksanaan strategi pengawasan guna meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah pada Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung. 2. Bagaimana penanganan pembiayaan murabahah guna meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung. 3. Bagaimana strategi pengawasan dan penanganan pembiayaan murabahah guna meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari lembaga Baitul maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung maupun data sekunder. Data ini diperoleh peneliti dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1). Strategi pengawasan di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung dalam uapay meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah dengan menggunakan analisis prinsip 5C, 2). Penanganan pembiayaan murabahah sudah memiliki pedoman yang jelas dan telah menjalankannya secara sistematis. Tetapi ada sedikit kerancuan dalam penerapan akad pembiayaan murabahah dan akad wakalah, 3). Strategi pengawasan dan penanganan pembiayaan murabahah guna meminimalisir risiko pembiayaan bermasalah dilakukan dengan 2 cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Kata kunci : pengawasan dan penanganan, pembiayaan murabahah, pembiayaan bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143249 NAILA FITRIA DEWI
Date Deposited: 16 May 2019 07:46
Last Modified: 16 May 2019 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item View Item