PRAKTIK JUAL BELI PESANAN PAKAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Di Desa Botoran Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)

MOHAMMAD BIMA FAISAL MIRZA, 17101153048 (2019) PRAKTIK JUAL BELI PESANAN PAKAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Di Desa Botoran Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohammad Bima Faisal Mirza, NIM 17101153048, praktik jual beli pesanan pakaian ditinjau dari hukum islam dan undang-undang no 8 tahun 1999 tentang hukum perlindungan konsumen (studi kasus di desa botoran kecamatan tulungagung kabupaten tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, IAIN TULUNGAGUNG, 2018, Pembimbing Indri Hadisiswati S.H, M.H. Kata kunci : jual beli, perlindungan konsumen, hukum islam Konteks penelitian dalam kegiatan muamalah terdapat transaksi jual beli dimana adanya pemindahan barang penjual kepada pembeli. Transaksi jual beli termasuk kegiatan usaha seperti melakukan perdagangan, dengan tujuan pengalihan hak atas barang atau jasa dengan disertai imbalan. Kegiatan jual beli dilapangan menggunakan sistem jual beli pesanan. Dalam hukum perlinmdungan konsumen tentang hak dan kewajiban sebagai konsumen dan pelaku usaha berhak meminta hak dan kewajiban sebagai konsumen dan pelaku usaha berhak meminta hak dan kewajiban sebagai pelaku usaha. Dalam hukum jual beli sudah sesuai dengan hukum islam tetapi masih kurang dalam hal memenuhi syarat keabsahan pada saat perjanjial awal. Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana praktik transaksi jual beli di konveksi di kabupaten tulungagung ? 2) bagaimana tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli pesanan di konveksi tersebut ? 3)bagaimana tinjauan uu no 8 tahun 1999 terhadap praktek jual beli ? adapun tujuan dari penelitian ini : 1) untuk mengetahui cara memesan dan transaksi jual beli di konveksi tersebut. 2) untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap jual beli pesanan di konveksi tersebut. 3) untuk mengetahui tinjauan pesanan terhadap pasal UU no 8 tahun 1999 tetang perlindungan konsumen.. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan ini pada hakikatnya merupakan metode untuk menemukan secara spesifik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi dengan penjual. Kemudian dianalisis dengan metode induktif untuk mendapatkan kaidah-kaidah di lapangan agar mendapatkan kesimpulan yang khusus yang kemudian dianalisis dengan menggunakan hukum perlindungan konsumen dan Hukum Islam. Hasil penelitian bahwa : 1) pemesanan bisa datang langsung ke konveksi atau memesan lewat whatsapp atau media telfon, sistem pembayaran nya dengan cara membayar ditemapt atau melalui transfer dengan memberikan uang harga keseluruhan atau memberkan DP uang muka minil 50%. 2) menurut hukum islam mekaisme syarat syarat sudah sejalan tetapi tidak sesuai apa yang telah dijanjikan di awal. Jadi menurut hukum islam pada pihak yang melakukan kelalaian harus menggantu rugi guna tidak terjadi perselisihan 3) memenuhi prestasi tetapi tidak tepat waktu, dalam hal ini pihak konveksi melakukan dengan cara musyawarah dengan konsumen atau pembeli untuk memberikan pengurangan harga jika konsumen merasa dirugikan..

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153048 MOHAMMAD BIMA FAISAL MIRZA
Date Deposited: 16 May 2019 07:50
Last Modified: 16 May 2019 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item