STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA KELAS I DI MIN 5 TULUNGAGUNG

WIWIN AZIZAH, 17205153057 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA KELAS I DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas I di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Wiwin Azizah, NIM. 17205153057, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK), Istitut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Mutahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Keterampilan Bahasa Seiring perkembangan di dunia Pendidikan yang semakin maju dalam menciptakan proses pembelajaran yang terbaik. Materi pembelajaran semakin kompleks dan siswa sudah dihadapkan dengan bahan ajar yang berisi teks-teks bacaan yang membutuhkan keterampilan bahasa yang baik untuk membaca, menulis, menyimak dan memahami materi. Selain itu siswa diharapkan lebih aktif berpendapat, mengumpulkan informasi dan berdiskusi sehingga membutuhkan keterampilan berbicara yang baik. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi ketertarikan peneliti untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelas I. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) siswa kelas I di MIN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana kendala dan pendukung upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) siswa kelas I di MIN 5 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di MIN 5 Tulungagung yang mana masih ada siswa kelas rendah yang keterampilan berbahasanya masih kurang. Hal ini berdampak pada kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dan persoalan yang dalam setiap pembelajaran. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan metode dokumentasi, analisis data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di MIN 5 Tulungagung penulis menyimpulkan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelas I dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung (direct instruction ), menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan latihan (drill). (2) kendala dan pendukung upaya guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelas I yakni kendala dari diri siswa dapat berupa motivasi dan fokus siswa yang kurang serta kemampuan dasar siswa yang sangat tertinggal sedangkan kendala dari luar berupa materi/ media pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan gangguan dari luar yang bembuat siswa tidak fokus pada pembelajaran. Sedangkan pendukung upaya guru adalah materi, bahan ajar dan media pembelajaran yang menarik minat siswa sehingga siswa antusian mengikuti pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153057 Wiwin Azizah
Date Deposited: 16 May 2019 04:24
Last Modified: 13 Apr 2020 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item